Rabu 02 Apr 2014 23:31 WIB

Semen Padang Raih Predikat Bintang Lima

PT Semen Padang
Foto: semenpadang.co.id
PT Semen Padang

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- PT Semen Padang sukses meraih predikat bintang 5 di kategori semen pada ajang Global Customer Satisfaction Standard (GCSS) World Class Quality Achievement 2013 yang disampaikan Maret 2014.

"Penghargaan ini merupakan pengakuan bagi brand yang berhasil mendorong level kepuasan pelanggan di atas rata-rata indeks standar kepuasan konsumen global di kategori produk," ungkap Direktur Utama PT Semen Padang, Munadi Arifin, di Batam, Rabu.

Penghargaan itu merupakan hasil riset GCSS yang dilakukan oleh lembaga riset MARS Indonesia bekerja sama dengan Majalah MIX MarComm dan SWA Media Group, pada akhir 2013.

GCSS merupakan sebuah standar tentang customer satisfaction performance yang diukur dengan metodologi terstandarisasi di 13 negara.

Pengukuran GCSS ini dikembangkan oleh National Quality Research Centre, University of Michigan, untuk American Customer Satisfaction Index (ACSI).

Penilaian kinerja kepuasan konsumen ini dibandingkan dengan kinerja di negara lain, sehingga perusahaan akan mengetahui posisinya di tengah persaingan lokal maupun global.

"Setelah digunakan di AS pada 1994, metode ini digunakan di 13 negara termasuk Singapura dan Korea Selatan. Di Indonesia, MARS Indonesia merupakan pemegang lisensi eksklusif American Customer Satisfaction Index," kata dia.

Pengukuran kepuasan dengan model ACSI berbeda dengan teknik pengukuran kepuasan pada umumnya. Dalam pengumpulan datanya, ACSI menggunakan wawancara dengan masukan ke persamaan multi-model ekonometrik yang dikembangkan University of Michigan's Ross School of Business.

Model ACSI merupakan model sebab akibat dengan faktor yang men-drive kepuasan di sisi kiri (harapan pelanggan, persepsi kualitas, dan nilai yang dirasakan), kepuasan ACSI di tengah, dan hasil kepuasan di sisi kanan (keluhan pelanggan dan loyalitas pelanggan, termasuk retensi pelanggan dan toleransi harga).

Penelitian GCSS melibatkan 375 responden di enam kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar untuk setiap merek.

"Prestasi tersebut diraih tentunya tidak lepas dari pengalaman Semen Padang di industri semen sejak 1910, yang mampu memproduksi semen dengan kualitas melebihi Standar Nasional Indonesia (SNI)," kata Munadi.

Dengan pengalamannya selama 104 tahun, ketangguhan produk PT Semen Padang telah teruji dalam pembangunan berbagai landmark di berbagai kota di Indonesia, seperti Monumen nasional (Monas), gedung Bursa Efek Indonesia, Jembatan Semanggi, Gedung MPR/DPR di Senayan, Hotel Indonesia di jantung Jakarta, Jembatan Ampera Palembang, Jembatan Barelang Kota Batam, Monumen Tsunami Aceh, Bandara Kuala Namu Medan, Jembatan Kelok Sembilan di Sumbar.

Direktur Komersil PT Semen Padang, Benny Wendry mengatakan penghargaan tersebut menunjukkan bahwa mutu produk sudah terjamin dan terbukti menciptakan kepuasan konsumen yang levelnya di atas rata-rata kepuasan konsumen global.

Ia mengatakan, pada 2012 PT Semen Padang juga memperoleh Superbrand sebagai merek pilihan, dan lambang jaminan kepercayaan konsumen Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement