Sabtu 01 Feb 2014 16:01 WIB

Kalangan Pengusaha Nilai Bayu Krisnamurthi Cocok Gantikan Gita

Wamendag Bayu Krisnamukti
Foto: Antara
Wamendag Bayu Krisnamukti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai Wamendag Bayu Krisnamurthi cocok menggantikan Gita Wirjawan sebagai mendag. 

"Saya kira wamen-nya (Bayu) cukup punya kemampuan yang memadai. Dia sebagai pengamat meski pun latar belakangnya pertanian sudah terlibat dalam perdagangan. Dia tinggal meneruskan pekerjaannya, tinggal menjaga kestabilan," kata Ketua Apindo Anton J Supit, Sabtu (1/2).

Menurut Anton, masa kerja mendag kabinet Indonesia Bersatu Jilid II tinggal tujuh bulan lagi. Sehingga pengganti Gita yang baru mengundurkan diri Jumat (31/1), paling tepat dari kalangan internal kemendag.

"Karena waktu tinggal tujuh bulan, paling bagus dari internal. Di sana ada sistem yang sudah berjalan sehingga membutuhkan pengganti yang lebih cepat," ujar Anton.

 

Sebelumnya, Bayu yang merupakan doktor di bidang ekonomi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) kini menempati posisi wamentan mendampingi mentan Suswono sejak 6 Januari 2010. Kemudian Bayu dirotasi menjadi wamendag setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinetnya pada 18 Oktober 2011.

Anton menilai Bayu sudah memiliki pengetahuan selama menjadi wamen. Sehingga akan lebih efektif apabila SBY menunjuknya melanjutkan pekerjaan rumah yang ditinggalkan Gita.

"Yang jadi menteri itu, yang penting punya common sense. Di kementerian kan ada sistem dan birokrasi yang sudah tertata. Dia (Bayu) sudah setahun lebih dan saya rasa pengetahuannya dia sanggup," jelas Anton.

"Dari pada dijabat menteri lain jadi rangkap-rangkap urusannya panjang. (Masa jabatan) tujuh bulan kalau ditarik-tarik ada pemilu paling tersisa beberapa bulan saja," tambahnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement