Selasa 21 Jan 2014 15:20 WIB

Perusahaan Otomotif Jepang Dominasi Investasi Indonesia

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
Pabrik mobil Toyota di Jepang, ilustrasi
Foto: Business Week
Pabrik mobil Toyota di Jepang, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang masih mendominasi penanaman modal di Indonesia untuk 2013. Sektor terbesar berasal dari perusahaan otomotif dan elektronik.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar, mengatakan Jepang berkontribusi sebesar 16,5 persen terhadap total investasi asing pada 2013. "Investasi 2013 yang terbesar berasal dari Jepang, disusul Singapura," ujar Mahendra dalam Konferensi Pers Realisasi Penanaman Modal 2013, Selasa (21/1).

Total investasi dari Jepang hampir setara dengan Singapura, yakni 4,7 juta dolar AS. Investasi dari Jepang pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya tercatat sebesar 2,5 juta dolar AS. Sedangkan investasi dari Singapura tercatat turun. Pada 2012, investasi dari Singapura sebesar 4,9 juta dolar AS.

Mahendra mengatakan sektor otomatif, elektronik dan energi merupakan tiga sektor terbesar dari Jepang. "Otomotif hampir semua merek besar, dari Jepang, Eropa, dan AS," ujar Mahendra.

Negara ketiga terbesar yang berinvestasi di Indonesia adalah AS dengan total investasi sebesar 2,4 juta dolar AS. Korea Selatan menyusul dengan investasi sebesar 2,2 juta dolar AS. Di bawah Korsel, Inggris berinvestasi sebesar 1,1 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement