Kamis 09 Jan 2014 09:35 WIB

Petani Sanggup Pasok Bawang Merah Sepanjang Tahun

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya
Petani Bawang Merah (Ilustrasi)
Foto: Antara
Petani Bawang Merah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petani bawang merah optimis mampu memenuhi kebutuhan nasional dalam negeri. Kondisi cuaca tahun ini diproyeksikan bagus untuk produksi bawang merah.

Sekretaris Dewan Bawang Merah Nasional, Mudatsir mengatakan panen bisa terjadi sepanjang tahun. Misalnya, ketika di Brebes mulai berkurang produksinya, di Jawa Timur sudah mulai panen. "Jadi panennya bergantian, ada panen sepanjang tahun," ujarnya ketika dihubungi ROL, Kamis (9/1).

Untuk itu pemerintah diminta tidak terburu-buru membuka keran impor bawang semata-mata karena harga naik. Pemerintah diharapkan mencari tahu keberadaan bawang di setiap daerah.

Petani bawang juga telah belajar untuk menangkal serangan hama di musim penghujan. Caranya antara lain dengan mengurangi pemakaian urea dan pengurangan pupuk nitrogen. "Kami belajar dari pengalaman, sekarang serangan hama penyakit lebih bisa ditangani," katanya.

Saat ini di tingkat petani harga bawang merah Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu per kilogram (kg). Namun untuk bawang merah kualitas rendah, harganya Rp 8 ribu per kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement