Selasa 24 Dec 2013 17:00 WIB

Pesawat N219 Masuk Pasar Internasional 2017

 Petugas menyiapkan maket pesawat N 219 yang dipamerkan dalam Pameran Produk Teknologi Dalam Negeri di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (19/8).  (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Petugas menyiapkan maket pesawat N 219 yang dipamerkan dalam Pameran Produk Teknologi Dalam Negeri di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (19/8). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Pesawat N-219 produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) ditargetkan masuk pasaran internasional dan meramaikan persaingan kelompok pesawat kecil mulai 2017.

"Saat ini rintisan pesawat N-219 sudah dilakukan dan ditargetkan pada 2016 sudah diproduksi dan perizinannya keluar, sehingga 2017 kami bisa masuk pasaran internasional," kata Asisten Direktur Bidang Jaminan Mutu dan Humas PTDI Sony Saleh Ibrahim di Bandung, Selasa.

Pesawat N-219 merupakan pesawat propeler atau baling-baling ukuran kecil namun dengan daya angkut maksimal.

Pesawat itu menurut dia akan cocok untuk penerbangan perintis dimana Indonesia memiliki sejumlah perusahaan penerbangan perintis yang dipastikan menjadi pasar bagi produk terbaru PTDI tersebut.

"Pesawat itu masuk pesawat kecil, namun N-219 memiliki kapasitas penumpang lebih banyak dari pesawat sejenisnya yang ada saat ini. Pesawat ini akan mampu mendarat di landasan pacu yang pendek dan juga di daerah pegunungan," kata Sony.

Lebih lanjut, Sony menyebutkan proyek pesawat N-219 tersebut sudah hampir dipastikan menjadi primadona bagi penerbangan perintis dan jarak pendek.

Menurut dia, produsen pesawat sejenis itu di dunia tidak lebih dari lima negara yakni Twin Otter Kanada, Cesna Caravan dan White Line China.

"Kebutuhan pesawat kecil di dunia pada 2012 saja contohnya 800 pesawat, dan PTDI berharap bisa memenuhi 20 persenya, sangat optimistis," katanya.

Lebih lanjut, Sony menyebutkan, dari sisi teknologi, para insinyur PTDI sangat siap dan sistem produksi dan jaminan mutu yang sudah tersertifikasi.

Di sisi lain, pasar pesawat sekelas N-219 masih sangat terbuka, namun demikian pihaknya menyasar pasar Asia dan Afrika.

"N-219 bisa bersaing dengan keunggulan dari sisi kualitas dan juga harga yang jauh lebih ekonomis. Harganya di kisaran 4 juta dolar AS hingga 4,5 juta dolar AS, keunggulan lainnya daya angkut lebih besar," katanya.

Selain itu, PTDI juga menggenjot produksi dan pemasaran pesawat N-295, CN-235 MPA, helikopter NBell 412 EP serta pesawat N-212 baik versi sipil maupun militer.

"Sejumlah negara sudah menyampaikan minatnya, bahkan segera melakukan kontrak, salah satunya dengan Filipina untuk pesawat N-212 dan N-295. Selain untuk keperluan militer juga disiapkan untuk program hujan buatan," kata Sony Saleh Ibrahim.

Namun demikian, Sony menyebutkan sekitar 60 persen produk PTDI saat ini merupakan pesanan pesawat pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan dalam rangka memperkuat alat utama sistem pertahanan (Alutsista).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement