Senin 09 Dec 2013 09:03 WIB

Pelindo III Kucurkan Modal Pinjaman Rp 960 Juta

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Nidia Zuraya
PT Pelindo III Tanjung Perak
PT Pelindo III Tanjung Perak

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sedikitnya 44 calon mitra binaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) yang berasal dari 11 Kota atau Kabupaten yang ada di Jawa Timur (Jatim) mendapatkan pelatihan kewirausahaan dan manajemen bisnis sebelum menerima bantuan modal kerja senilai total Rp 960 juta untuk mengembangkan usaha.

General Manajer Pelindo III Cabang Tanjung Perak Rismarture mengatakan, para calon mitra binaan tersebut terdiri dari 13 mitra binaan dari sektor perdagangan, lima mitra binaan sektor jasa, 24 mitra binaan dari sektor perindustrian, dan dua mitra binaan dari sektor peternakan. Para calon mitra binaan tersebut akan mendapat kucuran dana modal kerja dari PT Pelindo III (Persero).

“Penyaluran yang dilakukan oleh PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak tersebut merupakan tahap yang ke-23, dengan total dana yang dikucurkan untuk modal kerja bagi ke-44 mitra binaan tersebut mencapai Rp 960 juta,” katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima ROL, Senin (9/12).

Lebih lanjut dia mengatakan, penyaluran bantuan modal kerja kepada mitra binaan di Jatim telah dilakukan oleh  PT Pelindo III cabang Tanjung Perak sejak tahun 2003 lalu senilai total Rp 30,572 miliar dengan total penyaluran mencapai 1.255 mitra binaan. Namun sebelum mendapat modal kerja, kata Rismarture, para calon mitra binaan PT Pelindo III (Persero) terlebih dahulu mendapat pelatihan kewirausahaan.

Pelatihan tersebut  diselenggarakan oleh pihaknya dengan menggandeng Pusat Kajian dan Pengembangan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, Jatim, Senin (9/12). Materi pelatihan yang diberikan terbagi menjadi tiga sesi, yaitu kewirausahaan, manajemen keuangan untuk usaha kecil dan menengah (UKM), dan klinik bisnis. Pelatihan tersebut akan diikuti calon mitra binaan dari berbagai kota maupun kabupaten di Jatim seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Blitar, Malang, Lamongan, Tulungagung, Kediri, Pasuruan, Bangkalan, dan Sumenep.

Sementara itu Direktur Keuangan Pelindo III Wahyu Suparyono mengatakan, sepanjang tahun 2012 lalu PT Pelindo III secara korporasi telah menyalurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) senilai Rp 36,9 miliar. Dana tersebut terdiri dari dana program kemitraan untuk bantuan modal usaha senilai Rp 24,85 miliar dan dana program bina lingkungan atau hibah sebesar Rp 12,05 miliar.

“Jumlah tersebut merupakan realisasi penyaluran dana PKBL di seluruh wilayah kerja PT Pelindo III yang tersebar di tujuh provinsi di Indonesia,” ujar Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement