Rabu 23 Oct 2013 20:19 WIB

BRI Siapkan Kantor di Atas Kapal Laut

Sofyan Basir
Sofyan Basir

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) merencanakan membuat kantor bank di atas kapal laut pada 2014 mendatang untuk meningkatkan layanan perbankan di pulau-pulau terpencil.

"Jadi, kita ingin menyiapkan satu sarana perbankan yang dapat menjangkau pulau-pulau di daerah terpencil yang jangkauannya sulit, tetapi masyarakatnya membutuhkan layanan perbankan," ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan bahwa kantor bank di atas kapal itu akan beroperasi berkeliling ke pulau-pulau di Indonesia. Kantor bank itu akan dilengkapi dengan jaringan "online" dan layanan perbankan layaknya kantor cabang di darat.

Sebagai tahap awal, Sofyan Basir mengatakan, perseroan akan membuat dua kapal laut dengan panjang sekitar 16 meter dan lebar 7 meter. Nantinya secara keseluruhan ditargetkan dapat memproduksi enam kapal.

"Ini akan menjadi kapal canggih, yang memiliki 'doble engine'. Untuk tahap awal akan ada dua kapal terlebih dahulu untuk di sepanjang Pulau Kapuas, Kalimantan, dan Batam karena banyak pulau-pulau kecil disana. Saat ini sedang tahap desain," ucapnya.

Kendati demikian, perseroan masih enggan menjelaskan lebih rinci mengenai besaran nilai investasi kapal laut yang akan dijadikan layanan perbankan itu. "Investasi sedang dihitung," kata Sofyan Basir.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement