Senin 14 Oct 2013 09:43 WIB

IMF: Krisis Utang AS Bisa Picu Resesi Dunia

Rep: Nur Aini/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kepala IMF, Christine Lagrade
Foto: AP PHOTO
Kepala IMF, Christine Lagrade

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kepala Dana Moneter Internasional atau IMF Christine Lagarde memperingatkan, krisis utang Amerika Serikat bisa membuat ekonomi dunia jatuh ke resesi.

Dia mengatakan, jika AS gagal bayar utang maka akan membuat dampak yang meluas. AS tidak akan memiliki dana lagi pada Kamis pekan ini jika tidak ada kesepakatan untuk meningkatkan batas atas penerbitan surat utang.

Pemimpin Partai Demokrat dan Republik di senat menggelar pembicaraan untuk pertama kalinya pada Sabtu pekan lalu. Akan tetapi, hanya ada sedikit tanda penyelesaian kebuntuan. Lagarde mengatakan, Amerika harus meningkatkan batas  penerbitan surat utang sebelum Kamis (17/10)

"Jika ada tingkat kekacauan itu, kekurangan kepercayaan, kekurangan kepercayaan pada penerbitan AS, itu akan membuat kekacauan di seluruh dunia dan akan membuat risiko jatuh ke resesi," ujarnya dikutip BBC, edisi Ahad (13/10).

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim juga mengkhawatirkan situasi serupa. Tinggal beberapa hari lagi, ujarnya, AS memasuki masa yang sangat berbahaya.

Kim menilai pembuat kebijakan AS akan membuat kesepakatan tentang peningkatan batas atas penerbitan surat utang sebelum tenggat waktu. Dia memperingatkan kondisi itu bisa merusak ekonomi dunia. "Semakin dekat kita dengan tenggat waktu, semakin besar dampaknya bagi ekonomi dunia berkembang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement