Rabu 25 Sep 2013 12:36 WIB

Peringati 40 Tahun Kerja Sama, Hatta Pimpin Delegasi Indonesia ke Korea

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Hatta Rajasa
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan The Third Joint Commitee Meeting antara Indonesia and Republik Korea. Kedatangan Hatta sekaligus memperingati 40 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan

Hatta dijadwalkan menghadiri Third Joint Committee Meeting on Economic Cooperation. Forum tahunan ini merupakan media konsultasi antarnegara dalam upaya peningkatan kerjasama ekonomi.

Hatta mengungkapkan, dalam empat dasawarsa terakhir kinerja ekonomi kedua negara terus meningkat. Hal ini sesuai dengan Joint Declaration on Strategic Partnership to Promote Friendship and Cooperation in the 21st Century yang ditandatangani oleh kedua kepala negara pada 2005.

"Tahun 2013 ditetapkan sebaga tahun persahabatan Indonesia-Korea, sesuai yang telah dicanangkan di sela Pertemuan Bali Democratic Forum (BDF) pada8 November 2012," kata Hatta di Seoul, Korea Selatan, Rabu (25/9).

Korea merupakan mitra dagang dan industri penting bagi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari volume perdagangan dengan Korea yang rata-rata tumbuh 20,5 persen sejak 2008.

Selain melakukan kunjungan untuk agenda ekonomi, Hatta juga menerima penghargaan dari komunitas masyarakat Korea Selatan atas jasanya mendorong penguatan hubungan kedua negara, termasuk dalam people to people contact. Selain Hatta, komunitas ini juga akan memberikan penghargaan kepada mantan Duta Besar Indonesia untuk Korea Sarwo Edhi Wibowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement