Ahad 07 Jul 2013 14:56 WIB

Korut dan Korsel Buka Kawasan Bisnis Bersama Di Kaesong

Rep: Nur Aini/ Red: Nidia Zuraya
Kawasan industri Kaesong
Foto: Reuters
Kawasan industri Kaesong

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk membuat langkah-langkah pembukaan kembali kawasan industri Kaesong. Kesepakatan itu dicapai  setelah pembicaraan yang berlangsung lebih dari 16 jam pada Ahad (7/7).

Keduanya akan mengadakan pertemuan berikutnya pada 10 Juli di zona industri untuk mmemeriksa dan mencegah suspensi oeprasi di masa depan. "Kami mendapat kesan Korut sangat bersedia untuk menyelesaikan masalah Kaesong dan membuat upaya besar," ujar ketua delegasi Korea Selatan, Suh Ho dikutip Al-Jazeera.

Seoul akan menekan Pyongyang menjamin tidak ada penghentian apapun di fasilitas tersebut. Korea Selatan mengatakan kawasan Kaesong dapat melanjutkan bisnis hanya jika Korut memberikan jaminan tersebut. Korea Utara bersedia membuak kawasan secepatnya, namun kedunya pihak tidak menyepakati langkah-langkah untuk menghindari terulangnya penghentian.

Korea Utara menutup kompleks pabrik tiga bulan lalu. Mereka menarik 53 ribu pekerjanya. Perusahaan Korsel dilarang melewati perbatasan untuk mengirim persediaan dan manager karena panasnya hubungan kedua negara.

Awal tahun ini, Korea Utara mengancam serangan rudal nuklir ke Korsel dan Amerika Serikat setelah PBB memberlakukan sanksi untuk uji coba nuklir pada Februari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement