Rabu 26 Jun 2013 10:15 WIB

Dukung Keuangan Inklusif, CIMB Niaga Gelar Edukasi Perbankan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
CIMB Niaga
CIMB Niaga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) turut mendukung pendidikan di Indonesia sekaligus membantu sosialisasi program financial inclusion (keuangan inklusif) yang dicanangkan Bank Indonesia (BI). Salah satunya melalui program 'Way Forward' atau edukasi perbankan yang telah diadakan pada 2013.

CIMB Niaga menggandeng sejumlah universitas di tanah air untuk memperkenalkan pendidikan perbankan ke kampus-kampus melalui beragam kegiatan seperti seminar hingga kelas manajemen perbankan. Ini menjadi tahun ketiga penyelenggaraan program Edukasi Perbankan sejak pertama kali diluncurkan pada 2011 lalu.

Direktur Human Resources CIMB Niaga, Harjanto Tanuwidjaja mengatakan langkah ini menjadi wujud komitmen CIMB Niaga untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Melalui program Edukasi Perbankan, CIMB Niaga ingin lebih mengenalkan dunia perbankan ke kalangan peserta didik, khususnya di tingkat universitas.

Sejak peluncuran program ini, CIMB Niaga telah menggandeng 14 universitas yakni Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Prasetiya Mulya Business School, dan Universitas Tarumanegara di Jakarta, School of Business and Management ITB dan Universitas Padjajaran di Bandung, Universitas Diponegoro di Semarang, Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Surabaya dan Universitas Kristen Petra di Surabaya. CIMB Niaga juga akan menggandeng tiga universitas lagi di kawasan Indonesia timur. "Kami berharap program Edukasi Perbankan ini mampu menjangkau universitas-universitas di berbagai lokasi di tanah air," kata Harjanto, Rabu (26/6).

Harjanto menyebut kriteria universitas yang dipilih minimal telah memperoleh akreditasi dari pemerintah serta mempunyai keinginan kuat memperkenalkan industri perbankan kepada para mahasiswanya. Tema-tema yang akan dibahas diantaranya Payment Bank and Capital Market, Syariah Banking, Internal Audit, dan Credit Risk. Untuk tahun ini, CIMB Niaga telah melakukan edukasi perbankan ke sedikitnya tujuh universitas.

Selain dilaksanakan di kampus-kampus, kegiatan ini juga dilakukan di kantor CIMB Niaga agar para mahasiswa dapat melihat dan mempelajari langsung kegiatan operasional perbankan. "Beragam kegiatan ini diharapkan mampu memperkaya wawasan para mahasiswa yang diperoleh dari para praktisi sehingga setelah menyelesaikan studinya, mereka dapat gambaran tentang dunia kerja, khususnya di industri perbankan," ucap Harjanto.

CIMB Niaga turut memperoleh benefit dari program Edukasi Perbankan ini. Salah satunya, menambah pengalaman serta mendapatkan kepuasan diri (self actualization) yang diperoleh dengan memberikan pelatihan maupun sharing session kepada para mahasiwa. Selain itu, CIMB Niaga berharap mampu memperoleh sumber daya manusia (SDM) handal dan menguasai ilmu perbankan secara umum guna memenuhi kebutuhan SDM industri perbankan yang terus berkembang di Indonesia.

“Ke depan, kami berharap program Edukasi Perbankan ini dapat menyasar lebih banyak lagi universitas di Tanah Air, sehingga upaya CIMB Niaga untuk ambil bagian dalam pengembangan dunia pendidikan di Tanah Air dapat terus terwujud.” tutup Harjanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement