Kamis 13 Jun 2013 02:08 WIB

Rupiah Bergejolak, Beginilah Aksi Dahlan Iskan

Rupiah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Rupiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan siap membantu pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah dengan melibatkan BUMN yang tingkat kebutuhan dolarnya tinggi. "Kita sudah siapkan langkah untuk membantu pemerintah, saya sudah menghubungi Menteri Keuangan, Gubernur BI, termasuk dengan Pak Darmin (mantan Gubernur BI)," kata Dahlan.

Menurut Dahlan, dalam komunikasinya dengan Chatib Basri, Agus Martowardojo dan Darmin Nasution itu lebih kepada teknis pelaksanaan program apa yang akan dilakukan BUMN. "Saya tunggu usulan. BUMN siap saja membantu pemerintah mengatasi kondisi rupiah yang tertekan seperti sekarang ini," ujar Dahlan.

Meski demikian, mantan Direktur Utama PT PLN ini tidak merinci lebih lanjut langkah apa yang segera dilakukan BUMN, dengan alasan bahwa hal sensitif menyangkut keuangan. "Ia hanya menjelaskan, bahwa kondisi seperti sekarang ini sudah pernah dilakukan ketika BI masih dipimpin Darmin Nasution.

Diketahui, nilai tukar di rupiah di pasar valuta asing pada dua hari terakhir mengalami penurunan. Pada perdagangan Selasa (11/6) ditutup di kisaran Rp 9.830 per dolar AS, setelah sebelumnya sempat menembus Rp 10.000 per dolar di pasar spot.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement