REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin kerasnya persaingan usaha di usaha kecil dan menengah (UKM) membuat para pemain dituntut kreatif. Dengan strategi bisnis yang efektif bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.
Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Ashraf Ali melanjutkan, salah satu tips atau saran, membuat motivasi agar selalu ingat tujuan setiap hari. ''Contohnya dengan memasang pin no 1 di baju,'' kata dia pada acara Gerakan Ayo Bangkit di Graha Wisata Ragunan, Selasa (11/6).
Contoh ini, kata dia, didapat dari salah satu buku yang ditulis oleh Dale Carnegie. Dia bercerita, seorang penjual mobil yang memasang pin angka satu menjual mobil lebih dari yang lain.
Hal ini, sambung Ashraf, karena dia selalu ingat tujuannya. Dengan ingat tujuan akan lebih fokus dan efektif ke kegiatan bisnis yang dilakukan.
Tips lain, ujar dia, membuat strategi untuk melobi konsumen. Dia menuturkan, ada seorang penjual keliling yang selalu gagal dalam menjual dagangannya. Suatu ketika, lanjut Ashraf, penjual itu mengetahui kapan si anak konsumen itu ulang tahun.
Ketika buah hati si konsumen ulang tahun dia datang dan memberikan kado. Si konsumen kaget dengan kedatangannya. ''Penjual itu berkata, saya ingin bergembira bersama dengan Anda pada hari bahagia ini,'' kata Ashraf.
Hasilnya, ujar dia, dagangan si penjual itu dibeli oleh sang konsumen. Tips lain, kata Ashraf, berpikir seperti pemancing. Ketika memancing, lanjut dia, pancingan diberikan umpan yang sesuai dengan jenis ikan. Begitu pun dengan berjualan. Kemauan konsumen harus diikuti dan diketahui terlebih dahulu. ''Selanjutnya si pembeli akan menjadi pelanggan,'' jelas Ashraf.