Senin 10 Jun 2013 11:10 WIB

ASDP Ferry Luncurkan Kapal Mewah Berbobot 12.000 GT

Kapal KMP Portlink yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
Kapal KMP Portlink yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meluncurkan KMP Portlink, kapal mewah berbobot lebih dari 12.000 gross ton (GT) guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pengguna jasa.

Rilis ASDP yang diterima di Jakarta, Senin (10/6), menyebutkan, KMP Portlink adalah satu-satunya kapal ferry Ro-Ro Indonesia yang menyajikan fasilitas lengkap bagi kenyamanan pengguna jasa.

Portlink diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak menggunakan layanan penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni. Kapal mewah itu dilengkapi dengan ruang Car Deck (parkir kendaraan) yang mampu menampung hingga sekitar 370 unit kendaraan campuran. Dengan panjang bentangan kapal 131 meter dan lebar 22 meter, Portlink mampu mengangkut hingga sekitar 1.000 penumpang.

Menurut ASDP, Portlink dilengkapi kenyamanan fasilitas serta keindahan interior dan tersedia ruang lounge dengan beragam menu pilihan di Food City serta dilengkapi dengan ruang business center berkoneksi internet, serta ruang hiburan seperti sinema dan tempat bermain anak. Karakteristik umum KMP Portlink lainnya adalah menggunakan mesin Pielstick-Crossley 16PC2V Mk5 diesel dengan sistem permesinan MJR (Major Automatic and Control System).

Sebelumnya, Direktur Utama ASDP Danang S Baskoro mengatakan pihaknya akan menambah sebanyak 4 unit kapal jenis ro-ro (Roll On Roll Off), untuk menghadapi musim mudik Lebaran tahun 2013 yang dioperasikan pada jalur Merak-Bakauheni. Dengan penambahan 4 unit kapal tersebut maka ASDP mengoperasikan kapal sebanyak 33 kapal menghadapi lebaran tahun 2013 ini.

Kapal tersebut dimodifikasi dengan kapasitas angkut sebanyak 80 truk, dan 1.000 orang penumpang. "Jika mengangkut truk dan mobil pribadi bisa mengangkut hingga 150 unit," ujar Danang.

Dengan penambahan 4 unit kapal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas angkut penyeberangan Merak-Bakauheni hingga 6-7 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement