Kamis 30 May 2013 13:08 WIB

Moody's Naikkan Rating Lima Bank Nasional

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
Lembaga pemeringkat Moody's.
Foto: telegraph.co.uk
Lembaga pemeringkat Moody's.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pemeringkat Moody's Investors Service menaikan rating deposit mata uang lokal dan asing lima bank nasional Indonesia menjadi Baa3. Moody's juga meningkatkan satu tingkat dasar penilaian kredit baseline (baseline credit assessment/BCA) untuk empat dari lima bank tersebut. Dua diantaranya menerima rating investment grade.

Kelima bank tersebut adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Permata Tbk. Prospek peringkat kekuatan keuangan (bank financial strength rating/BFSR) bank-bank tersebut stabil, kecuali BNI yang memiliki prospek positif.

Kenaikan dasar penilaian kredit baseline untuk BCA, BRI, Mandiri dan Permata serta prospek positif untuk BNI merefleksikan konsistensi performa keuangan mereka yang kuat selama tiga tahun terakhir. Hal tersebut terlihat dari kualitas aset dan kuatnya profitabilitas.

Dalam siaran persnya, Moody's berharap iklim Indonesia yang mendukung kualitas aset dan profabilitas dapat terus berlanjut. Pertumbuhan kredit kelima bank tersebut sangat kuat, berada di kisaran 18-26 persen selama lima tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement