Senin 14 Jan 2013 21:21 WIB

Wirausaha Indonesia Baru 1,5 Persen, Jauh Dibanding Singapura

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Wirausahawan (Ilustrasi)
Foto: Inspiremymagazine.com
Wirausahawan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tahun ini, sebanyak 4725 mahasiswa dan alumni mengikuti peoses Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Finance & Strategy Director and Chief Financial Officer PT Bank Mandiri, Pahala N. Mansury, mengatakan WMM yang diselenggarakan kali ini merupakan yang keenam.

Pada tahun ini, Bank Mandiri juga mengadakan Mandiri Young Technopreneur (MYT) yang diikuti 1275 perserta. "Tahun lalu pesertanya tidak lebih dari 600," ujar Pahala kepada wartawan, Senin (14/1).

Pahala mengatakan dari peserta itu, hanya 72 peserta yang bisa masuk final. Pemberian penghargaan akan diberikan tanggal 17 besok. Pahala mengarakan ada empat katagori pengusaha yang akan diberikan penghargaan.

Pahala mengapresiasi banyaknya peserta yang mengikuti ajang ini. Menurutnya, ini sebagai salah satu cikal bakal lahirnya wirausaha baru. Jumlah wirausaha di Indonesia, kata Pahala saat ini baru 1,5-1,6 persen.

Padahal, minimal suatu negara semestinya memiliki 2 persen wirausahawan. Presentase jumlah wirausaha di Indonesia, kata Pahala sangat jauh tertinggal dibandingkan Singapura yang notabene negara kecil. Singapura sudah memiliki 10 persen wirausahawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement