Senin 02 Jul 2012 02:07 WIB

Resto Indonesia Buka Cabang di AS

Restoran (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Restoran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Restoran Bumbu Desa akan membuka cabang baru di Seattle, Amerika Serikat (AS), sekaligus memperkenalkan masakan khas Sunda di negeri Paman Sam itu. "Saat ini kami masih melakukan penjajagan, mudah-mudahan semester kedua 2012 bisa terealisasi membuka cabang di Seattle," kata Pemilik Bumbu Desa, Arief Wirawangsadita, di Bandung, Ahad (1/7).

Menu yang akan disajikan di restoran itu, menurut Arief, sama dengan yang ada di Indonesia, namun interior dan tempatnya akan disesuaikan dengan kondisi di tempat baru itu. Saat ini Bumbu Desa telah memiliki 38 cabang di Indonesia, serta delapan cabang di luar negeri antara lain di Malaysia, Singapura, dan Melbourne Australia.

"Animo warga setempat terhadap rumah makan Indonesia cukup bagus, sayangnya selama ini kita kalah bersaing dengan menu makanan negara ASEAN lainnya di luar negeri, mereka sudah lebih serius menggarap pasar di luar negeri," kata Arief.

Ia menyebutkan, keputusan untuk membuka cabang di Seattle AS selain karena banyaknya komunitas Indonesia di kota itu, juga memiliki peluang untuk bisa diterima warga setempat. "Sangat prihatin jumlah restoran Indonesia dengan kekhasannya di luar negeri sangat jarang ditemukan, berbeda dengan restoran dari negara lain banyak di luar negeri. Padahal kita punya resep-resep masakan yang bisa go internasional," kata Arief.

Keputusannya memilih Kota Seattle sebagai lokasi bisnis barunya itu, tidak lepas dari keberadaan sekitar 17.000 warga Indonesia di kota itu. Mereka bekerja di berbagai sektor di Kota itu, termasuk para mantan karyawan PTDI yang bekerja di perusahaan produksi pesawat terbang Boeing.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement