Rabu 28 Mar 2012 16:45 WIB

Pengusaha Itu Bukan Superman, Inilah Resep Jitu Bikin Perusahaan Maju

Rep: Agung Sasongko/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Perusahan digerakkan oleh sebuah mesin bernama manusia. Jadi, kemajuan sebuah perusahaan berada di tangan manusia itu sendiri.

Pendiri Agro Media, Hikmat Kurnia, mengatakan,  resep jitu untuk mengoptimalkan manusia-manusia sehingga dapat memajukan perusahaan adalah menjadikan mereka sebagai pemilik perusahaan.

"Ketika manusia itu memiliki perusahaan maka mereka bakal bekerja secara optimal," ungkap dia saat menjadi pembicara dalam Bincang Bisnis Kreatipreneur Republika di Kantor Harian, Republika, Rabu (28/3).

Sebagai contoh saja, lanjut dia, ketika Agro Media membuka perusahaan distributor, diajaklah penerbit lain untuk menjual buku lewat perusahaan ini. Akan tetapi hal itu tidaklah mudah.

Lalu pihaknya mengganteng para perintis penerbit untuk diajak kerjasama berupa memberikan pembinaan. Selanjutnya, mereka diberikan kesempatan untuk menjadi penerbit.

"Bayangkan, ada satu buku laku 400 kopi. Jadi, menjadi pengusaha itu bukan menjadi superman, kita butuh orang lain untuk menggerakan perusahaan itu," pungkas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement