Kamis 08 Mar 2012 09:03 WIB

Kelola Keuangan Keluarga yang Gampang, Ini Dia Caranya

Hitung gaji
Foto: dcrevealed.com
Hitung gaji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Caranya, cukup klik situs internet beralamat www.liveolive.com. Inilah situs yang dibuat untuk membantu para perempuan mengatur keuangan personal maupun rumah tangga berbasis surat elektronik (surel).

Tujuan pembuatan situs itu, ungkap pendiri dan CEO liveolive.com Jocelyn Pantastico, adalah agar perempuan dapat mencapai kebebasan finansial yang mantap, lepas dari lilitan kredit dan mampu berinvestasi.

Berdasarkan data dari World Bank, Jocelyn mengemukakan perempuan memiliki kuasa atas pembelanjaan global sebesar tujuh persen atau sekitar Rp 200 triliun.

Oleh karena itu, menurut dia, kaum perempuan harus mengetahui dan menguasai manajemen keuangan dalam siklus hidupnya, mulai dari lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan pertama, menikah, melahirkan, memulai pekerjaan baru, berada di puncak karier, serta merencanakan pensiun. "Selama ini penjelasan mengenai manajemen keuangan umumnya tidak ramah kepada orang yang awam istilah ekonomi, khususnya perempuan," kata Jocelyn.

"Di sinilah liveolive.com hadir sebagai sahabat perempuan dalam mengelola keuangan," tambahnya.

Menurut dia, penganggaran keuangan sangat penting sebagai bagian dari pengelolaan, tetapi itu pun belum cukup.

Pasalnya, Jocelyn melanjutkan, inflasi akan mempengaruhi nilai uang yang dihasilkan atau ditabung, bahkan jika ada kenaikan gaji. "Jika hanya mengandalkan gaji atau tabungan, Anda mungkin harus bergantung pada anak untuk mendanai hidup ketika sudah pensiun," katanya.

Oleh karena itu, dia berpendapat bahwa dengan berinvestasi ke dalam bidang lain, seperti properti atau saham memungkinkan orang mendapatkan dana yang cukup untuk menikmati masa pensiun yang menyenangkan.

"Masalahnya adalah apakah kondisi keuangan anda sudah cukup untuk memulai investasi? Itu tergantung pada bagaimana anda mengelola keuangan saat ini. Melalui liveolive.com, kami dapat membantu menemukan jawabannya," kata Jocelyn.

Untuk bergabung dalam menjadi komunitas liveolive.com, calon anggota hanya perlu mendaftar di situs tersebut dengan mencantumkan alamat surel.

Setelah terdaftar menjadi anggota, pengguna dapat mengirimkan pertanyaan maupun konsultasi mengenai manajemen keuangan via surel dan akan dijawab secara personal oleh pengasuh situs yang terdiri atas para ahli dan konsultan perencanaan keuangan.

Selain itu, anggota juga dapat mengakses konten yang tersedia di situs liveolive.com, antara lain mengecek perbandingan suku bunga deposito, KPR atau kredit lainnya, menggunakan fasilitas perencanaan keuangan dan mengecek pembelanjaan, serta menggunakan kalkulator untuk mengetahui alokasi pembayaran kartu kredit dan dana pensiun.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement