Jumat 02 Mar 2012 06:46 WIB

Pipa Minyak Saudi Dilaporkan Meledak, Harga Minyak Naik 110 Per Barel

Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)
Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga minyak merangkak naik $ 110 per barel untuk pertama kalinya sejak Mei setelah kantor berita milik pemerintah Iran melaporkan sebuah ledakan pada jaringan pipa di Arab Saudi. Namun seorang pejabat Saudi mengatakan tidak ada fasilitas minyak yang disabotase.

Harga mencapai $ 110,55 pada 15:17 di New York setelah Press TV Iran melaporkan pada website berbahasa Inggris bahwa "ledakan telah menghantam pipa minyak di titik nyala Arab Saudi kota Awwamiya," lalu jatuh kembali di bawah $ 109. Mayor Jenderal Mansour Al-Turki, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi, mengatakan tidak ada fasilitas minyak di wilayah tersebut telah disabotase setelah laporan kebakaran di dekat kilang Tanura Ras.

"Sepertinya itu rumor tetapi menunjukkan betapa sensitif pasar minyak terhadap segala jenis kendala pasokan," kata Phil Streible, seorang pialang Chicago berbasis komoditas di perusahaan investasi RJO.

Minyak mentah untuk pengiriman April naik $ 1,77 dan stabil di $ 108,84 per barel di Nymex sebelum laporan Press TV. Harga minyak sempat mencapai $ 108,73 pada pukul 5 dini hari, setelah berada di level tertinggi selama sembilan bulan $ 109,77 pada 24 Februari.

 

Minyak Brent untuk pengiriman April naik $ 3,54 atau 2,9 persen, ke level tertinggi 10 bulan, $ 126,20 per barel dalam penjualan di London.  Brent naik setinggi $ 128,40 sempat stabil beberapa saat sebelum turun kembali ke $ 126,15.

Bentrokan antara polisi dan demonstran Syiah Saudi bersenjata di Awwamiya dan al-Qatif, baik kota-kota di wilayah penghasil minyak timur, telah meningkat sejak 11 Oktober ketika polisi terluka dalam serangan. Pemerintah Saudi menuduh Iran mengobarkan kerusuhan. Para pengunjuk rasa memiliki ikatan budaya dan keluarga dengan Syiah yang dipimpin Iran. Arab Saudi adalah keluarga kerajaan Sunni.

sumber : Bloomberg Businessweek

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement