Kamis 01 Mar 2012 18:15 WIB

PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Optimistis Tumbuh Enam Persen

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG  — PT Jasa Marga Purbaleunyi optimistis tahun ini pertumbuhan kendaraan naik enam persen. Saat ini, rata-rata perhari kendaraan yang melintasi tol Purbaleunyi sekitar 180 ribu. Menurut Humas PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Iwan Mulyawan, kenaikan pertumbuhan kendaraan yang masuk ke tol Purbaleunyi salah satunya dipicu oleh pertumbuhan penjualan kendaraan.

‘’Setiap tahun kan pengguna kendaraan roda empat selalu meningkat, saya yakin tahun ini kendaraan yang melintas ke tol Purbaleunyi akan meningkat juga,’’ ujar Iwan kepada Republika, Kamis (3/1).

Iwan menjelaskan, penyebab lain pertumbuhan kendaraan yang melintas tol Purbaleunyi adalah daya tarik wisata di Kota Bandung yang kian hari selalu bertambah. Setiap saat, di Kota Bandung selalu bermunculan objek wisata baru seperti Trans Studio atau Kampung Gajah.

‘’Setiap ada objek wisata baru, pasti kendaraan yang masuk ke Bandung akan semakin banyak,’’ kata Iwan.

Iwan memprediksi, setelah kenaikan BBM diumumkan pemerintah jumlah kendaraan yang masuk ke Bandung akan mengalami penurunan dulu. Namun, penurunannya tak lama hanya sekitar satu hingga tiga bulan saja. Selanjutnya, jumlah kendaraan akan berjalan normal.

‘’Pas kenaikan BBM, kemungkinan kendaraan yang masuk Purbaleunyi turun sekitar 10 persen. Tapi tak akan lama, ‘’ tegas Iwan.

Walaupun sempat mengalami penurunan beberapa bulan, kata Iwan, di akhir tahun jumlah kendaraan yang akan masuk ke Tol Purbaleunyi tetap akan tumbuh. Penurunan sesaat itu, tak akan mempengaruhi jumlah kendaraan yang masuk ke Tol Purbaleunyi selama setahun.

Khususnya, sambung Iwan, di hari raya seperti Idul Fitri dan Natal, jumlah kendaraan yang masuk ke Tol Purbaleunyi akan mengalami peningkatan cukup tajam. Saat Idul Fitri, kenaikannya bisa mencapai 30 hingga 40 persen dibandingkan hari biasa.

‘’Saya tak tahu persis pendapatan yang akan diperoleh di akhir tahun berapa. Karena kan sistem keuangannya sudah terintegrasi dengan Tol Cikampek,’’ kata Iwan.

Untuk memberikan kenyamanan pada pengguna tol, menurut Iwan, Tol Purbaleunyi terus meningkatkan pelayanan. Yakni, dengan memasang rambu, membuka semua pintu tol di saat antrian panjang dan memperbaiki kualitas jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement