Kamis 02 Feb 2012 19:18 WIB

Demi Anggaran 'Sehat', Menkeu Berharap TDL Baru Bisa Berlaku April

Menkeu
Menkeu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penyesuaian tarif listrik direncanakan berlaku pada April. Menteri Keuangan, Agus Martowardojo menyatakan kenaikan itu demi tidak lagi membebani anggaran subsidi energi listrik dalam APBN 2012.

"Saya tentu mengharapkan hasil pembicaraan pemerintah dengan Komisi VII DPR RI sudah mengizinkan untuk penyesuaian listrik dan dilaksanakan oleh PLN dengan baik," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (2/2).

Menurut Menkeu, apabila penyesuaian tarif tidak diberlakukan, anggaran subsidi akan melampaui perkiraan, padahal kejadian tersebut telah berlangsung setiap tahun. "Kami khawatir selama ini pagu yang disubsidi selalu terlampaui. Jadi ini sesuatu yang secara pengelolaan keuangan kurang baik," katanya.

Ia mengatakan, apabila anggaran subsidi melebihi target,akan berimplikasi pada anggaran belanja pemerintah pada APBN. Menurut dia, pembuatan APBN Perubahan bukan tidak dimungkinan, terlebih bila muncul penambahan anggaran energi akibat pemerintah tidak mampu menjaga alokasi subsidi listrik,

"Kalau situasinya seperti ini, yang kami rencanakan dan sudah disepakati tidak bisa dilaksanakan, tentu alasan untuk melakukan APBN Perubahan menjadi ada," kata Menkeu. Untuk itu, Menkeu mengharapkan anggaran subsidi energi dapat lebih terjaga dan kredibel. Namun ia menekankan harga minyak dunia yang mengalami kenaikan dan fluktuatif patut menjadi pertimbangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement