Jumat 04 Nov 2011 16:52 WIB

Distribusikan BBM Subsidi, Pertamina Tunjuk Lagi Tiga Perusahaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi menetapkan tiga perusahaan sebagai calon pendamping PT Pertamina (Persero) mendistribusikan bahan bakar minyak bersubsidi tahun 2012.

Kepala BPH Migas Tubagus Haryono di Jakarta, Jumat (4/11) mengatakan, ketiga perusahaan itu adalah PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk (AKR), PT Petronas Niaga Indonesia, dan PT Surya Parna Niaga.

"Tahun depan, ada tiga calon pendamping Pertamina yakni AKR, Petronas, dan Surya Parna," kata Tubagus Haryono . Menurut dia, total alokasi BBM subsidi yang akan didistribusikan ketiga calon pendamping tersebut mencapai 160.660 kiloliter.

Rinciannya, AKR sebesar 109.220 kiloliter, Surya Parna 31.000 kiloliter, dan Petronas 20.440 kiloliter. Kuota AKR tersebut bertambah 6.000 kiloliter dibandingkan 2011 dan Petronas tidak berubah.

Pada Rabu (2/11), BPH Migas menetapkan AKR dan Surya Parna mendistribusikan BBM bersubsidi tahun 2012 dengan alokasi masing-masing 6.000 kiloliter dan 31.000 kiloliter.

AKR dan Petronas saat ini sedang mendistribusikan BBM subsidi, sementara Surya Parna merupakan" pemain baru". Surya Parna sebelumnya merupakan distributor gas.

Menurut Tubagus, wilayah distribusi AKR dan Surya Parna mencakup tujuh provinsi yang seluruhnya berada di luar Jawa dan Bali yakni Sumut, Sumbar, Kepri, Riau, Bangka Belitung, Lampung, dan Sulut.

"BBM yang didistribusikan seluruhnya berjenis solar untuk nelayan. Kami memang memberi prioritas kepada nelayan," ujarnya. Ia juga mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi lapangan ketiga perusahaan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement