Selasa 04 Oct 2011 19:47 WIB

Hatta Tegaskan tak Ada 'Permainan' dalam Penyusunan RAPBN

Hatta Radjasa
Foto: Antara
Hatta Radjasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan tidak ada 'permainan' saat penyusunan anggaran oleh pemerintah. Karena semua proses dilakukan dari bawah ke atas dan berungkali dibahas dalam musyarawarah rencana pembangunan (Musrenbang) serta oleh kementerian-kementerian terkait.

"Semua itu prosesnya bottom up (dari bawah ke atas) dan dibicarakan berulang kali dalam Musrenbang, kemudian dibahas oleh kementerian-kementerian juga trilateral antara Bappenas, Kementerian Keuangan, dan kementerian-kementerian lain," tuturnya di Jakarta, Selasa (4/10).

Hatta menyampaikan hal tersebut menanggapi pertanyaan tentang dugaan adanya permainan dalam penyusunan anggaran seperti yang disampaikan sejumlah pihak. Hatta yang ditemui setelah rapat perkeretaapian di Kantor Wakil Presiden mengatakan, tuduhan atau dugaan adanya permainan dalam penyusunan anggaran ini terlalu jauh.

Namun, ia mengatakan dalam proses Musrenbang sendiri, masih diperlukan perbaikan-perbaikan sistem guna mencari sistem yang terbaik. "Bahwa kita harus melakukan perbaikan, ya namanya juga sistem harus kita perbaiki. Mencari yang terbaik," tandasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement