Ahad 19 Jan 2020 06:14 WIB

Kalau WhatsApp Berbayar, Begini Dampaknya Buat Perusahaan

Ketika gratis maka Facebook akan memiliki cara lain untuk memonetisasi WhatsApp.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kalau WhatsApp Berbayar, Begini Dampaknya Buat Perusahaan. (FOTO: BBC)
Kalau WhatsApp Berbayar, Begini Dampaknya Buat Perusahaan. (FOTO: BBC)

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Facebook berencana mendulang keuntungan dari aplikasi perpesanan WhatsApp melalui pemasangan iklan di dalamnya.

Baca Juga

Rencana tersebut bocor pada acara Facebook Marketing Summit di Berlin, Jerman tahun lalu. Kabarnya, WhatsApp akan disusupi iklan tahun ini, namun masih belum diketahui kapan tepatnya.

Pengamat Telekomunikasi, Heru Sutadi mengungkapkan, "rencana monetisasi WhatsApp sudah dipertanyakan sejak lama. Pertanyaan terkait apakah WhatsApp akan terus gratis atau berbayar terus santer dibicarakan."

Baca Juga: WhatsApp Jadi Pasang Iklan Enggak Sih?

Menurut Heru, ketika gratis maka Facebook akan memiliki cara lain untuk memonetisasi WhatsApp.

Heru menambahkan, ketika WhatsApp nantinya akan membebankan biaya langganan kepada pengguna kemungkinan WhatsApp akan kehilangan beberapa pengguna.

"Kalau berbayar, bagi Whatsapp/Facebook tentu potensi pendapatannya akan besar. Tapi bukan berarti pengguna tidak akan kabur karena tidak gratis lagi," kata Heru kepada Okezone, Jumat (17/1/2020). 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement