Selasa 25 Jan 2011 06:37 WIB

Spanyol Wajibkan Seluruh Pemilik Bank Naikkan Rasio Modal

Menteri Keuangan Spanyol Elena Salgado
Menteri Keuangan Spanyol Elena Salgado

REPUBLIKA.CO.ID,  MADRID - Spanyol akan mewajibkan semua bank untuk meningkatkan rasio modal inti mereka menjadi 8,0 persen untuk memberikan mereka bantalan lebih besar terhadap kesulitan ekonomi dan meningkatkan kepercayaan dalam sistem keuangan negara, Menteri Ekonomi Elena Salgado mengatakan Senin.

"Rasio ini dapat lebih tinggi untuk kreditur yang tidak tercatat atau yang tidak memiliki kehadiran yang signifikan dari investor swasta dan tergantung pada pasar grosir lebih dari 20 persen dari aset mereka," kata Salgado.

Pasar sudah menantikan untuk melihat bagaimana Madrid akan menangani bank-bank dalam menghadapi krisis utang zona euro yang meluas yang telah melihat Yunani dan Irlandia membutuhkan dana talangan, dengan Portugal dan Spanyol disebutkan sebagai kemungkinan pada daftar erikutnya.

Dengan mewajibkan bank-bank untuk mempertahankan tingkat modal tinggi segera tersedia, pemerintah berharap bahwa mereka akan dapat menghadapi setiap keadaan darurat baru dan tidak memerlukan bantuan pemerintah yang biayanya sangat mahal -- kelemahan yang menenggelamkan sistem perbankan Irlandia dan kemudian keuangan publik.

Bank-bank Spanyol terbebani oleh kredit yang berubah asam setelah runtuhnya sektor properti. Sejumlah pengamat menilai Spanyol bisa mengalami kesulitan dan membutuhkan penyelamatan yang jauh lebih besar daripada yang diberikan oleh Uni Eropa dan IMF kepada Irlandia dan Yunani tahun lalu.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement