Senin 24 Aug 2015 05:02 WIB

Ekonomi Spanyol Diperkirakan Hanya Tumbuh 1 Persen

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ilham
Bilbao, Spanyol
Foto: Pixabay
Bilbao, Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonomi Spanyol pada kuartal ketiga diperkirakan tumbuh pada kecepatan yang sama dengan kuartal sebelumnya. Ekonomi akan didorong oleh musim pariwisata dan belanja konsumen.

Spanyol telah pulih dari resesi yang mendalam dan ekonomi tumbuh pada salah satu tingkat tercepat, di zona euro tumbuh 0,9 persen kuartal ke kuartal (qtq) dalam tiga bulan pertama tahun 2015, dan tumbuh 1 persen pada kuartal kedua.

Seperti dikutip dari Reuters, Ahad (23/8), Menteri Luis de Guindos menyatakan pertumbuhan pada kuartal ketiga akan sangat mirip dengan kuartal sebelumnya.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan website Efe, dia memprediksikan perolehan pajak Spanyol juga akan terus tumbuh. Dia mengatakan, pemerintah tidak akan mengubah tariff PPN 21 persen untuk barang budaya dan jasa. Dimana industri seni mengecam pajak yang terlalu tinggi.

Spanyol masih memiliki tingkat pengangguran tertinggi kedua di Eropa setelah Yunani. Tingkat pengangguran Spanyol tercatat 22,4 persen.

Tapi ketenagakerjaan sudah mulai pulih dan pengeluaran rumah tangga meningkat setelah anggaran turun tajam dalam beberapa tahun terakhir. Meningkatnya permintaan domestik serta ekspor telah memicu pertumbuhan sejak Spanyol muncul dari resesi pada pertengahan 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement