Jumat 21 Jan 2011 13:25 WIB

Kesiapan SPBU Jelang Pengaturan BBN Kurang dari 50 Persen

SPBU
Foto: Pandega/Republika
SPBU

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Kesiapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di sejumlah titik di Pulau Jawa - Bali, untuk pengaturan BBM hingga kini baru mencapai 49 persen. Angka prosentasi itu dihitung keseluruhan tahap persiapan jelang pembatasan Bahan Bakar Minyak/BBM subsidi di wilayah tersebut.

"Di sisi lain, izinkan kami memberi penjelasan terkait istilah pembatasan BBM subsidi karena yang benar adalah pengaturan BBM subsidi," kata Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Tubagus Haryono, saat dihubungi dari Surabaya terkait kesiapan infrastruktur dalam rangka pelaksanaan pengaturan BBM,  Jumat (21/1)

Terkait pengaturan BBM di Jawa-Bali, ia menargetkan, tahap persiapan seluruh SPBU di Jawa-Bali dapat mencapai posisi 100 persen pada akhir Juni mendatang. "Saat itu, jumlah SPBU yang siap melayani pasar BBM Jawa-Bali menyebar di 3.025 titik," ujarnya.

Mengenai sarana fasilitas untuk pendistribusian BBM di Jawa-Bali, ia menyebutkan, per hari ini sejumlah mobil tangki di wilayah tersebut dalam kondisi siap 100 persen. "Namun, untuk infrastruktur lain seperti terminal BBM tingkat kesiapannya baru mencapai 30 persen," katanya.

Ia berharap, sisa 70 persen dari tahap persiapan untuk terminal BBM untuk melayani pasar BBM Jawa-Bali bisa diselesaikan pada bulan Mei 2011. Apalagi, pemberlakuan pengaturan BBM bagi masyarakat Jawa-Bali di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dilaksanakan sekitar tanggal 1 Juli 2011.

"Jika persiapan terminal BBM terealisasi tepat waktu, artinya ada jeda satu bulan bagi kami mengevaluasi sejauh mana infrastruktur itu siap memenuhi permintaan pasar," paparnya.

Kalau di kawasan Jabodetabek, tambah dia, situasi terakhir per hari ini kesiapan terminal BBM-nya sudah mencapai 75 persen. Bahkan, ditargetkan bisa berada di posisi 100 persen pada bulan Februari 2011.

"Di sisi lain, kesiapan mobil tangki di wilayah Jabodetabek jelang pengaturan BBM subsidi justru sudah mencatatkan 100 persen atau siap menyalurkan komoditas itu ke masyarakat," ucapnya, menambahkan.

Mengenai kesiapan SPBU di Jabodetabek, lanjut dia, sampai sekarang sudah berada di posisi 79 persen. Pihaknya optimistis bisa mencapai 100 persen pada akhir bulan Maret mendatang. "Saat itu, sekitar 720 titik SPBU telah siap menyambut pengaturan BBM subsidi terhadap pengguna BBM di wilayah Jabodetabek," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement