Selasa 21 Dec 2010 09:21 WIB

BTN Resmi Luncurkan Kartu Kredit

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bank Tabungan Negara (BTN) resmi meluncurkan kartu kredit. Diharapkan sebanyak 30 ribu kartu kredit co-brand dengan Bank Mandiri ini dapat terserap di tahun pertama.

"Peluncuran kartu kredit ini salah satu strategi untuk memperkuat dana masyarakat. Ini bagian dari inovasi produk perseroan. Namun, kita core business BTN tetap di perumahan," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/12) malam.

Sebagai pemula di bisnis kartu kredit, lanjut Iqbal, BTN menyadari kompetensi dan kapasitas yang ada. "Untuk itu BTN co-brand dengan Bank Mandiri," ujarnya. Tetapi, Iqbal menegaskan pemilihan Bank Mandiri sebagai co-brand juga telah melewati beauty contest. "Kami memutuskan pilih Bank Mandiri, tapi pilihnya dengan prinsip good corporate governance," tegas Iqbal.

Kartu kredit yang mulai efektif diterbitkan pada Januari 2011 tersebut, dalam lima tahun ke depan diharapkan terserap 300 ribu unit. Sedangkan di tahun pertama ditargetkan terserap sebanyak 30 ribu unit.

Di kesempatan yang sama, Direktur Consumer Banking BTN Irman A. Zahiruddin, menambahkan karena kartu kredit ini co brand, BTN tidak mengelola operasionalnya. "Dalam hal ini BTN dapatkan customer, tapi secara operasional dikelola Bank Mandiri. BTN yang akan menerbitkan dan menjual kartu kreditnya," ungkap Irman.

Kartu kredit co-brand ini nantinya akan diterbitkan dalam tiga jenis kartu, yakni gold, silver dan platinum. Irman mengutarakan kartu kredit tersebut akan ditawarkan kepada existing nasabah BTN yang saat ini jumlahnya sudah mencapai enam juta orang.

Irman juga menyampaikan alasan BTN melakukan co-brand kartu kredit karena untuk efisiensi cost salah satunya. "Untuk bisnis kartu kredit itu kan membutuhkan jaringan tekhnologi dan sebagainya. Dana yang dibutuhkan sekitar 20 juta dolar AS. Nah, daripada kita mengeluarkan dana sebanyak itu, maka kita co-brand kartu kredit," jelas Irman.

Di tengah persaingan kartu kredit yang mengetat, ia mengungkapkan BTN memberikan gimmick bagi pemegang kartu kreditnya. Irman menyontohkan misalnya, kartu kredit BTN memiliki fitur yang berbeda dengan produk kompetitor.

"Pemegang kartu kredit BTN akan mendapatkan poin reward setiap berbelanja. Poin tersebut selanjutnya bisa ditukarkan dengan voucher belanja, voucher BBM, hadiah, sampai diskon pembayaran uang muka KPR," pungkas Irman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement