Jumat 17 Dec 2010 07:54 WIB

Adaro Raih Penghargaan Tingkat Asia

REPUBLIKA.CO.ID,PARINGIN--Perusahaan penambangan batubara teritegrasi dan terbesar kedua di Indonesia, PT Adaro Energy Tbk yang beroperasi di Kabupaten Tabalong dan Balangan, Kalimantan Selatan, meraih penghargaan internasional tingkat Asia.  Menurut General Manager Operasional PT Adaro Indonesia, Priyadi, di Dahai Office, sekitar 7 Km dari Paringin, ibu kota Balangan, Kamis, penghargaan yang diterima sebanyak dua buah.

"Penghargaan diterima langsung oleh Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir, pada Selasa (14/12) lalu di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Kuningan Jakarta," ujarnya. Penghargaan yang di terima merupakan penghargaan internasional se-Asia Pacific untuk wilayah Indonesia yang diadakan oleh Enterprise Asia.

Enterprise Asia merupakan organisasi non profit yang memiliki misi meningkatkan kewirausahaan yang bertanggungjawab sebagai bagian dari budaya korporasi perusahaan-perusahaan di Asia, berbasis di Malaysia dan terdaftar di Hongkong. "Penghargaan yang diterima adalah Asia Pacific Entrepreneurship Award (APEA) 2010 sebagai Outstanding Entrepreneur dan untuk program Corporate Social Responsibility Clean Water; from waste mine to community melalui anak perusahaan PT Adaro Energy Tbk, PT Adaro Indonesia," katanya.

Penghargaan diberikan oleh Presiden Enterprise Asia, William Ng yang didampingi Ketua Umum KADIN, Suryo Bambang Sulisto. APEA diberikan kepada para pengusaha yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dan mampu mengkomunikasikan visi, strategi serta produk perusahaan kepada masyarakat dengan baik.

Penghargaan tersebut sudah digulirkan sejak 2007 yang dilatarbelakangi atas informasi mengenai banyaknya kisah sukses yang ditorehkan para pengusaha di Indonesia. Penghargaan itu diberikan untuk mengapresiasi prestasi dan kesuksesan para pengusaha yang mampu menciptakan korelasi dengan pertumbuhan ekonomi yang sejalan dan berkelanjutan.

"Penghargaan tersebut kami dedikasikan kepada seluruh manajemen dan tim Adaro Group yang telah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan perusahaan," tambahnya. Penghargaan yang diperoleh melalui anak perusahaan PT Adaro Energy Tbk, PT Adaro Indonesia dalam ajang Asia Responsible Entrepreneurship Award (AREA) 2010 kategori Green Leadership Award juga diadakan oleh Enterprise Asia.

Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Koperasi dan UKM, yang penyerahannya diwakilkan kepada Deputi Bidang Pengembangan SDM, Agus Muharram. Green Leadership Award diberikan kepada perusahaan yang dapat mengenali dampak dari kegiatan perusahaannya serta memiliki berbagai program untuk meminimalisasi dampak tersebut.

Program tersebut antara lain seperti penghematan energi, daur ulang dan pengurangan limbah serta konservasi air. Program Distribusi air bersih kepada masyarakat telah dilakukan PT Adaro Indonesia sejak 2008 dengan didirikannya unit pengolahan air, Water Treatment Plant (WTP) T-300 yang mampu mengolah air tambang menjadi air bersih layak dikonsumsi dan sesuai dengan standar baku mutu air bersih.

Saat ini air bersih telah didistribusikan melalui pipa yang di bangun PT Adaro Indonesia sepanjang 10 km. "Program tersebut saat ini setidaknya telah dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat di dua desa, yaitu Padang Panjang dan Dahai di Kecamatan Paringin serta internal Adaro," demikian Priyadi.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement