Ahad 05 Dec 2010 10:41 WIB

Bulog Diharapkan Serap Beras Optimal di Masa Panen Januari

Rep: yogie respati/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG--Menteri Pertanian, Suswono berharap Bulog dapat menyerap beras secara optimal pada masa panen Januari mendatang. Di tengah operasi pasar Bulog saat ini ia pun yakin harga beras akan turun.

“Kalau operasi pasar Bulog berjalan baik harga akan turun. Nanti di masa panen Januari stok beras juga akan melimpah dan diharapkan Bulog bisa menyerap itu,” kata Suswono, usai peresmian laboratorium Vapor Heat Treatment di Jatisari, Sabtu (4/12).

Ketidakmampuan Bulog memenuhi stok beras pada tahun ini disebabkan karena terbatasinya Bulog menyerap beras berdasar HPP dan kualitas yang ditetapkan. Suswono menuturkan saat ini kebijakan agar Bulog dapat menyerap beras lebih besar sedang dibahas. “Nanti akan ada payung hukum pembelian beras berdasar kualitas jadi Bulog akan lebih fleksibel,” ujarnya.

Baru-baru ini Bulog menambah impor beras 250 ribu ton dari Thailand, sehingga total impor beras pada tahun ini mencapai 850 ribu ton. Sebelumnya Bulog telah mengimpor 600 ribu ton beras dari Vietnam (550 ribu ton) dan Thailand (50 ribu ton). Impor dilakukan untuk memenuhi stok Bulog 1,5 juta ton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement