Jumat 03 Dec 2010 23:30 WIB

Pemerintah Dapat Bonus dari Tiga Kontrak Gas Metana

Rep: Agung Budiono/ Red: Budi Raharjo
Menteri ESDM
Menteri ESDM

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tiga Kontrak Kerja Sama Gas Metana Batubara (KKS GMB) pada Tahun 2010 hasil Penawaran Langsung melalui mekanisme evaluasi bersama diteken. Dari penandatanganan itu, pemerintah mendapatkan bonus tanda tangan (signature bonus) yang akan diterima langsung dan masuk ke dalam pos penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar 5 juta dolar AS.

Adapun Wilayah Kerja Gas Metana Batubara dan nama perusahaan yang menandatangani KKS baru hasil Penawaran Langsung Tahun 2010 adalah sebagai berikut: Blok GMB Muara Enim I dengan konsorsium PT Pertamina Hulu Energi Metana Sumatera I (PHE Metra I) dengan PT Indo Gas Methan (IGM), Blok GMB Muralim dengan konsorsium PT Medeo CBM Pendopo dengan  Dart Energy (Muralim) Pte Ltd, dan Blok GMB Tanjung II PT Pertamina Hulu Energi Metan Tanjung II (PT PHE Metan Tanjung II).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Darwin Zahedy Saleh, menuturkan, komitmen pasti eksplorasi dari tiga Kontraktor tersebut untuk tiga tahun masa eksplorasi berupa studi geologi dan geofisika, core hole sebanyak sembiIan buah, pemboran eksplorasi sebanyak sepuluh sumur, dan new production test sebanyak dua sumur adalah sebesar 17,05 juta dolar AS.

"Sedangkan bonus tanda tangan (Signature Bonus) yang akan diterima langsung oleh pemerintah sebesar 5 juta dolar AS," di kantornya pada Jumat (3/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement