Kamis 21 Oct 2010 09:02 WIB

Ical: Percepat Pembangunan Berbasis Pedesaan

Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Aburizal Bakrie, mantan Menko Kesra,  meminta pemerintah supaya mempercepat pembangunan berbasis perdesaan. Pembangunan desa hingga saat ini belum sepenuhnya direalisasikan lantaran pemerintah terkonsentrasi pada perkotaan dan pusat-pusat pemerintahan.

"Beberapa daerah, terutama daerah terpencil, hingga daerah yang tidak terpencil sekalipun, seperti Jawa dan Sumatra, masih banyak terdapat desa-desa tertinggal. Karena itulah pembangunan harus dimulai dari desa, jangan hanya di kota," ujar Ical, sapaan akran Aburizal, di Jakarta, Rabu (20/10).

Untuk merealisasikan gagasan tersebut, ia memandang perlunya dukungan anggaran untuk program-program berbasis perdesaan dari pemerintah lebih dari yang ada sekarang. Program-program kerja seperti PNPM yang diberikan langsung ke desa sudah seharusnya mendapatkan tambahan pendanaan agar jumlahnya cukup bagi pembangunan desa.

"Soal permintaan untuk Rp 1 miliar per desa, bukan berarti terdiri dari satu program saja, tetapi banyak program. Semuanya diarahkan bagi pembangunan di desa itu. Ini kan lebih dari satu program, tetapi banyak program," jelas Ical.

sumber : kominfo-newsroom
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement