Rabu 20 Oct 2010 02:23 WIB

Harga Minyak di Asia Turun Dibawah 83 Dolar AS

Minyak
Minyak

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA--Harga minyak turun dibawah 83 dolar AS per barel pada perdagangan Selasa di pasar Asia karena kekhawatiran atas pemulihan ekonomi Amerika Serikat yang membebani sentimen, kata analis.

Kenaikan moderat dalam dolar AS juga menekan harga karena penguatan greenback membuat komoditas dalam denominasi dolar lebih mahal dan mendorong permintaan lebih rendah.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman November turun 34 sen menjadi 82,74 dolar AS per barel di perdagangan sore.

Minyak mentah  Brent North Sea untuk pengiriman Desember turun 59 sen pada 83,78 dolar AS. Harga minyak mentah New York telah meningkat tajam pada Senin akibat kekhawatiran pemogokan yang sedang berlangsung di Prancis akan mengganggu pasokan di Eropa.

"Pola perdagangan mendapat resistensi yang cukup ketika minyak berjangka di New York Mercantile Exchange mencapai 83 dolar," kata Victor Shum, seorang analis di konsultan energi Purvin and Gertz di Singapura. Dia mengatakan penurunan tak terduga produksi industri AS pada September menambah kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi terbesar di dunia.

Produksi (output) di AS turun 0,2 persen pada September, menghapus kenaikan 0,2 persen pada Agustus, menurut laporan bulanan Federal Reserve. Penurunan mengagetkan sebagian besar analis, yang konsensus memproyeksikan untuk kenaikan lain sebesar 0,2 persen.

Ini adalah pertama kalinya produksi industri jatuh sejak penurunan 0,2 persen pada Juni 2009, bulan resesi di Amerika Serikat berakhir.

Shum mengatakan, penurunan produksi industri ditambah laporan lain yang menunjukkan perbaikan kepercayaan pengembang rumah menunjukkan bahwa rebound ekonomi AS adalah "tidak merata dan itu adalah mengurangi beberapa sentimen bullish dalam minyak". Dia mengatakan, untuk jangka pendek, pendorong utama untuk pasar akan menjadi nilai dolar AS dan pasar ekuitas.

Dolar naik tipis di perdagangan Asia pada Selasa, setelah komentar dari menteri keuangan AS terlihat mendukung unit, sementara dealer terus berharap langkah-langkah pelonggaran tambahan dari The Fed. Tetapi analis mengatakan, kecenderungan umum untuk dolar lebih lemah.

Mata uang dan ekuitas di Asia telah naik kuat terhadap dolar akibat untuk masuknya dana dari negara maju ke pasar berkembang, yang memberikan tingkat imbal hasil tinggi.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement