Sabtu 09 Oct 2010 05:24 WIB

Honda Siap Lepas Fit Hibrida

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Honda Motor Co. akan segera menjual versi hibrida dari subcompact Fit ( di Indonesia bernama Jazz) seharga 19.310 dollar di Jepang. Harga tersebut menjadikan Fit mobil hibrida termurah di negara itu.

Honda, seperti yang dilaporkan Reuters, Jumat, berharap bisa menjual 5600 unit mobil sebulan di negara asalnya itu. Persaingan dalam segmen mobil hibrida semakin memanas sejak Toyota Motor Corp terus berusaha memperluas jajaran produksinya untuk memenuhi tuntutan para pelanggan di seluruh dunia akan kendaraan yang lebih efisien.

Bulan lalu Toyota mengungkapkan rencana untuk memproduksi mobil kecil berteknologi hibrida di salah satu pabriknya di Prancis mulai 2012. Honda sangat mengharapkan Fit hibrida-nya sukses setelah mobil terdahulunya, Insight, kalah bersaing dari Toyota Prius generasi ketiga.

Belakangan para petinggi Honda mengakui bahwa Prius memang jauh lebih baik dari pada Insight. Setelah menjadi model paling laris di Jepang, April silam, Insight lalu terbenam di posisi ke 20 di daftar mobil terlaris di Jepang.

Salah satu eksekutif Honda, Takanobu Ito, menepis adanya persaingan dengan Toyota yang telah berlangsung 17 bulan itu. "Toyota punya mobil yang berbeda. Jangkauan harga mereka berbeda dan penampilannya juga berbeda. Jadi menurut saya Prius bukanlah pesaing langsung Fit," kata Ito kepada para wartawan.

"Kami hanya ingin banyak orang membeli Fit dengan mengembangkan jajaran produksi kami," Ito melanjutkan. Toyota Fit hibrida bisa menempuh jarak 30 kilo meter dengan hanya satu liter bensin.

Dengan mesin berkapasitas 1,3 liter dan motor listrik, Honda Fit hibrida setara dengan mobil berkapasitas 1,5 liter. Honda mengklaim telah menerima 10.000 pemesanan untuk kendaraan hibridanya itu. Pabrikan otomotif asal Jepang itu juga berencana menjual Fit Hibrida di Eropa mulai tahun depan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement