Rabu 06 Oct 2010 16:17 WIB

Pasar Saham Eropa Naik

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Pasar-pasar saham utama Eropa mencatat kenaikan tajam pada Selasa waktu setempat, didorong oleh peningkatan yang lebih baik dari perkiraan dalam kegiatan sektor jasa di Amerika Serikat. Di London, indeks FTSE 100 naik 1,44 persen menjadi berakhir pada 5.635,76 poin, sementara di Paris indeks CAC 40 naik 2,25 persen menjadi ditutup pada 3.731,93 poin. Indeks DAX di Frankfurt ditutup bertambah 1,33 persen menjadi 6.215,83 poin.

Di tempat lain, bursa saham Milan naik 2,09 persen, Madrid naik 2,58 persen dan indeks pasar Swiss naik 1,04 persen. Kenaikan yang terjadi di Eropa menyusul pembukaan yang solid dalam menanggapi sebuah laporan perbaikan dalam sektor jasa di Inggris dan keputusan oleh Bank of Japan (BoJ) untuk menerapkan kebijakan suku bunga hampir nol.

BoJ juga mengumumkan langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut untuk membantu menjaga sebuah pemulihan yang rapuh dari ancaman deflasi dan yen yang kuat. Bank sentral Jepang menurunkan suku bunga utamanya ke kisaran antara nol hingga 0,1 persen, dari tingkat 0,1 persen yang ditetapkan pada puncak krisis keuangan Desember 2008.

Momentum Eropa kemudian terlihat jelas meningkat ketika Institute of Supply Management mengatakan, indeks non-manufaktur AS naik menjadi 53,2 persen, pertumbuhan kesembilan bulan berturut-turut.

Sebuah pembacaan indeks di atas 50 persen menunjukkan ekspansi di sektor kunci, yang memberikan kontribusi atas sebagian besar produk ekonomi AS secara keseluruhan.

Sebagian besar analis memperkirakan indeks, berdasarkan survei pembelian dan pasokan eksekutif nasional, akan meningkat menjadi 51,8 persen dari 51,5 persen pada Agustus. Para analis mengatakan sektor jasa meningkat lebih baik daripada kegiatan manufaktur, pendorong utama pemulihan ekonomi dari resesi terburuk dalam beberapa dekade.

Namun Aaron Smith di Moody's Analytics memperingatkan bahwa "sementara mendapatkan petunjuk untuk kenaikan di pertumbuhan sektor jasa setelah sempat merosot, indeks komposit masih di bawah rata-rata pada semester pertama tahun ini dan konsisten dengan pertumbuhan riil (produk domestik bruto) yang biasa-biasa saja sekitar 2,0 persen. "

Di antara saham Eropa dalam fokus, kelompok energi Jerman EON dan RWE adalah tidak dapat mengambil keuntungan dari kepercayaan investor yang menguat. EON kehilangan 0,80 persen dan RWE turun 0,20 persen karena bank HSBC memperingatkan bahwa saham akan berada di bawah tekanan dari penjualan gas yang melemah dan rencana pajak pada bahan bakar nuklir di Jerman.

Di Paris, bank mendapatkan dukungan besar dari laporan sektor jasa AS. BNP Paribas naik 3,88 persen dan Credit Agricole naik 3,08 persen. Societe Generale naik 3,61 persen setelah pengadilan Paris menjatuhkan hukuman kepada mantan trader Jerome Kerviel tiga tahun penjara setelah menemukan dia bersalah melakukan tindakan curang yang merugikan bank hampir 5,0 miliar euro.

Putusan bersalah muncul mendukung anggapan bank bahwa Kerviel telah bertindak sendirian. Saham AS menikmati awal yang kuat untuk hari ini pada laporan sektor jasa. Indeks blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 1,24 persen pada 10,885.23 pada pertengahan hari sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 1,77 persen menjadi 2.386,11.

Di Asia, saham Jepang naik setelah pengumuman bank sentral dengan indeks Nikkei di Tokyo berakhir 1,47 persen lebih tinggi.Saham Hong Kong juga rebound dari posisi terendah sebelumnya menjadi naik 0,09 persen namun Sydney turun 0,40 persen. Pasar China tutup untuk hari libur umum.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement