Selasa 24 Aug 2010 01:33 WIB

Kadin Minta Pemerintah Fokus Lima Proyek Strategis

Rep: Zaky Al hamzah/ Red: Budi Raharjo
Sandiaga S Uno
Sandiaga S Uno

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah disarankan memilih lima proyek strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas di 2010 dan tahun berikutnya. Kelima proyek strategis harus bisa dituntaskan paling lambat tiga tahun agar semua pihak mengetahui adanya pembangunan infrastruktur.

‘’Saya usul pilih 5 proyek strategis. Jadikan trophy projects, dan selesaikan dalam tiga tahun. Terus perlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia juga bisa membangun infrastruktur,’’ tegas Wakil Ketua Kadin Bidang UMKM dan Koperasi, Sandiaga S Uno, usai acara diskusi di Jakarta, Senin (23/8).

Kelima proyek strategis tersebut, lanjut Sandi, harus dipilih berdasarkan kriteria memiliki dampak besar bagi pembangunan keseluruhan dan kesejahteraan rakyat. Kelimanya yakni proyek infrastruktur di Ibu kota Jakarta, misalnya kereta api (KA) cepat Bandara-Manggarai atau proyek MRT.

Proyek di Sumatra yaitu PLTA, satu proyek di Kalimantan yaitu KA Trans Kalimantan. Proyek airport di Bali, karena bandara yang ada saat ini sudah tidak refresentatif untuk ukuran Bali. Termasuk juga proyek infrastruktur penting di Papua. ‘’Kelima proyek ini harus selesai dalam waktu tiga tahun,’’ tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement