REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN--Nexian optimistis hingga akhir tahun ini bisa menjual 10 juta unit telepon seluler (ponsel), karena hingga Mei penjualan sudah mencapai 5 juta unit, dan peluang pasar ponsel kelas bawah masih terbuka lebar. "Tahun 2009, penjualan Nexian masih 3,5 juta unit, sementara itu penjualan hingga Mei 2010 sudah mencapai 5 juta unit. Dengan kondisi itu manajemen yakin target penjualan 10 juta ponsel optimistis bisa terealisasi," kata VP Marketing & Sales PT Metrotech Jaya Komunikasi, Sarwo Eddy, di Medan, Jumat.
Dia berbicara pada pengenalan produk Nexian-G505 seharga Rp399.000 per unit yang diklaim sebagai HP-nya Rhoma-Ridho mengingat dalam HP yang "bundling" dengan Kartu As Telkomsel itu berisikan lagu dua penyanyi dangdut ternama khususnya berjudul "AZZA". Keoptimisan penjualan itu, bukan saja karena pasar "low end" yang dinilai masih cukup besar atau 65 persen, tetapi juga dengan penjualan produk beragam Nexian seperti Nexian Rhoma-Ridho mengingat penggemar musik atau komunitas dangdut juga sangat besar.
Dengan penjualan Nexian yang terus meningkat, dewasa ini posisi produk asal China itu sudah berada di urutan kedua terbesar penjualan HP GSM. "Pencapaian ke peringkat kedua dengan penjualan bisa 10 juta unit tahun ini suatu yang membanggakan mengingat Nexian baru tiga tahun bergerak di penjualan HP GSM," kata Sarwo.
Nexian semakin yakin menguasai pasar karena menggandeng Telkomsel yang sudah diakui memiliki pelanggan terbesar dan mempunyai jaringan kuat dan bagus khususnya Kartu As yang pelanggannnya meningkat pesat. Setelah Jawa, pasar Nexian terbesar adalah di Sumatera dimana Medan menjadi kota pemberi kontribusi terbesar.
Regional Sales Manager PT Metrotech Jaya Komunikasi, Bramantyo Widyanata, mengatakan, untuk Sumatera, HP G505 itu ditargetkan bisa terjual 250.000 unit dan angka itu diyakini bisa tercapai bahkan lebih.
Keunggulan produk itu khusunya adalah karena berisikan lagu asli dari Rhoma-Ridho yang menjadi "ikon" dangdut nasional.
Manager Market Development Telkomsel Sumbagut, Heribertus didampingi Humas Telkomsel, Henni Purweni, menyebutkan, pihaknya optimistis bisa menjual minimal 10 persen dari target penjualan Nexian G505 itu.
Semakin yakin penjualan produk itu bisa laku mengingat minat yang tinggi sebagai pengguna Kartu As, dimana bukan lagi berasal dari remaja atau pelajar dan mahasiswa seperti selama ini, tetapi juga dari berbagai kalangan. Kartu As, kata dia, memang bersiikan banyak kemudahan dan bonus karena Telkomsel selalu komitmen dengan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya.