Sabtu 24 Jul 2010 03:04 WIB

Menkeu: Darmin Figur yang Tepat Pimpin BI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengatakan, Darmin Nasution yang baru terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) merupakan figur yang tepat untuk memimpin bank sentral itu. "Kita sambut gembira. Beliau dilihat dari kompetensi, pengalaman, karakter, integritas, adalah karakter yang tepat untuk jadi Gubernur BI. Pak Darmin adalah seorang senior yang menurut saya tepat untuk menduduki posisi tersebut," kata menteri saat ditemui di Jakarta, Jumat (23/7).

Menteri mengharapkan agar dapat tercipta suatu kerja sama yang baik antara Kementerian Keuangan dengan BI, terutama dalam menjaga keharmonisan antara bidang moneter dan bidang fiskal bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Yang paling utama menjaga keharmonisan antara bidang moneter dan bidang fiskal supaya kita bisa menjaga makro ekonomi Indonesia bisa tumbuh dengan baik, kuat dan berkesinambungan," kata menteri.

Menurut dia, dengan terpilihnya Darmin sebagai Gubernur BI, bank sentral diharapkan dapat menjaga nilai tukar rupiah tetap stabil, inflasi dan sekaligus membuat cadangan devisa membaik. "Dengan sistem pembayaran yang terjaga dan tentu perbankan yang semakin sehat, karena kita tahu perbankan itu tantangannya cukup banyak dan kita tidak ingin perbankan kita membahayakan bagi perbankan atau himpunan dana masyarakat," ujarnya.

Deputi Gubernur Senior Darmin Nasution akhirnya menjadi Gubernur BI setelah terpilih secara aklamasi oleh Komisi XI DPR usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan selama dua hari. Sebelum terpilih, Darmin Nasution menjalani uji kelayakan dan kepatutan selama dua hari sejak Rabu (21/7) hingga Kamis (22/7) sore.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement