Sabtu 17 Jul 2010 19:06 WIB

Pemulihan Ekonomi Memburuk, Harga Minyak Merosot

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK--Harga minyak mentah dunia merosot pada Jumat di akhir minggu yang volatile, di mana para dealer berusaha mendapatkan perbaikan pada prospek permintaan energi di tengah data bervariasi. Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Agustus, turun 61 sen menjadi berakhir pekan ini di 76,01 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea di London untuk penyerahan September turun 82 sen menjadi menetap pada 75,37 dolar. "Beberapa data ekonomi di Amerika Serikat adalah sinyal pertumbuhan ekonomi lebih lambat dan telah meletakkan penutup di setiap reli harga," kata Victor Shum, seorang analis pada konsultan energi Purvin & Gertz.

Dia mengatakan minyak kemungkinan di perdagangan antara 70 dan 80 dolar untuk beberapa waktu. "Sebenarnya tidak ada pendorong besar yang menyebabkan minyak keluar dari kisaran ini," Shum menambahkan.

Keraguan tentang kekuatan pemulihan AS itu dipicu oleh laporan ekonomi Jumat. Indeks sentimen konsumen dari University of Michigan turun hampir 10 poin -- jauh lebih curam daripada perkiraan -- menjadi 66,5 pada Juli. "Indeks sentimen konsumen menukik sebesar 9,5 poin pada bulan Juli menjadi mencapai 66,5; ini adalah tingkat terendah sejak Agustus 2009," kata Chris Christopher dari IHS Global Insight.

Sebelumnya sebuah laporan pemerintah menunjukkan inflasi tetap jinak, sejalan dengan harapan karena pemulihan rapuh membantu mengendalikan kenaikan harga. Indeks harga konsumen jatuh untuk ketiga bulan berturut-turut pada Juni, sebesar 0,1 persen, dipimpin oleh penurunan harga bensin.

Kekuatan rebound ekonomi di Amerika Serikat sedang dipantau cermat oleh investor karena mengkonsumsi lebih banyak energi daripada negara lain. Harga minyak turun pada Kamis setelah indikator-indikator memberikan sinyal perlambatan pertumbuhan di kedua negara konsumen energi terbesar dunia, Amerika Serikat dan China.

Sentimen telah berkurang pada Rabu malam setelah Federal Reserve mengatakan angka pertumbuhan ekonomi AS dipangkas pada pertemuan pengaturan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Juni.

Risalah pertemuan menunjukkan bahwa anggota dewan menurunkan target pertumbuhan mereka untuk tahun ini menjadi 3,0-3,5 persen dari 3,2-3,7 yang diperkirakan hanya beberapa bulan lalu, dan bahwa

The Fed sedang menimbang langkah-langkah baru untuk menjaga pemulihan AS yang terhuyung-huyung.

"Perkembangan kecenderungan naik harga minyak tetap lambat dalam menghadapi terus melemahnya sentimen dan ketakutan hasil akhir ekonomi," kata analis Barclays.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement