Kamis 08 Jul 2010 02:40 WIB

Sejumlah Pemda Mulai Gelar Pasar Murah

Rep: c15/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah daerah turun tangan mengendalikan lonjakan harga pangan. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Subagyo mengatakan, bentuk intervensi pemerintah terhadap harga pangan yang tinggi berupa pasar murah yang menjual kebutuhan masyarakat sehari-hari.

"Pasar murahnya terutama menjual bahan pangan pokok dan bahan pangan jadi, tapi tidak akan menjual sayur-sayuran," jelasnya kepada wartawan usai rapat koordinasi Tim Terpadu Stabilisasi Pangan di kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (7/7).

Wakil Menteri Pertanian, Bayu Krishnamurthi menambahkan, pemerintah daerah se-Jawa yang ikut dalam rapat koordinasi itu menyatakan kesiapannya melakukan pasar murah untuk mengendalikan harga.

"Besok, Kamis (8/7), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar pasar murah di kantor Gubernurnya untuk bahan kebutuhan pokok," katanya.

Bayu mengklaim fluktuasi harga bahan makanan pokok bulan ini hanya berkisar satu persen dari harga rata-rata bulan lalu. Walau, terjadi kontraksi harga yang cukup signifikan untuk komoditas sayuran, daging ayam dan telur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement