Jumat 25 Jun 2010 03:56 WIB

Menteri Perdagangan AS: Nilai Yuan Masih Terlalu Rendah

Garry Locke
Foto: state.gov
Garry Locke

REPUBLIKA.CO.ID,Menteri Perdagangan Amerika Gary Locke mengatakan Cina masih terus berusaha mempertahankan nilai mata uangnya pada tingkat lebih rendah meskipun baru-baru ini memutuskan untuk melakukan apresiasi nilai tukar yuan terhadap dolar.

Locke mengatakan kepada para senator Rabu, bahwa Departemen Perdagangan sedang meninjau permintaan oleh dua perusahaan Amerika agar menerapkan pungutan bea masuk guna menetralisir efek dari rekayasa perlemahan mata uang Cina itu.

Locke dan Utusan Perdagangan Amerika Rom Kirk mengatakan mereka memperkirakan para pemimpin G20 akan membahas nilai yuan saat mereka bertemu di Kanada minggu ini. Bank Sentral Cina mengumumkan Sabtu bahwa fihaknya merencanakan untuk membuat nilai tukar yuan lebih fleksibel.

Para Senator Amerika Rabu mengamati langkah itu dengan kecurigaan dan mengeluh bahwa langkah itu tidak cukup berarti. Para anggota Kongres menuduh Cina sengaja membiarkan nilai yuan rendah agar produk buatan Cina punya daya saing dari segi harga di pasar dunia.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement