Jumat 28 May 2010 06:38 WIB

Saham Apple Lampaui Microsoft

iPad-480
Foto: apple.com
iPad-480

REPUBLIKA.CO.ID,Perusahaan teknologi Amerika yang bertanggung jawab atas adanya iPod, iPhone, dan baru-baru ini iPad, telah menjadi perusahaan teknologi yang bernilai tertinggi di Amerika Serikat, melampaui mantan pemegang rekor Microsoft.

Harga saham Apple meningkat pada hari Rabu, sementara saham Microsoft turun. Menjelang pukul tiga sore di New York, di mana saham kedua perusahaan diperjualbelikan, Apple membalap Microsoft, dengan nilai total saham Apple bernilai kira-kira satu miliar dolar lebih besar daripada nilai total saham Microsoft.

Pada hari Rabu, semua saham Apple mencapai harga 181 miliar Euro (222 miliar dolar). Harga saham Microsoft merosot pada urutan kedua dengan 178,6 miliar Euro (219 milar dolar)

Nilai saham Apple, produsen iPod, iPhone dan iPad sejak tahun 2000 naik sepuluh kali lipat. Nilai saham Microsoft prodsen software terbesar dunia, pada periode yang sama justru menyusut dengan 20%. Ironisnya, pada dasawarsa terakhir abad lalu, Apple nyaris diancam bankrut. Tahun 1997 Apple hanya masih bisa bertahan berkat investasi Microsoft sekitar 150 juta dolar. 

Omset penjualan Microsoft penghasil sistim Windows yang digunakan oleh 90% komputer di dunia, masih lebih besar dari Apple. Triwulan tahun ini omset penjualan Microsoft mencapai 11,8 miliar Euro (14,5 miliar dolar) dan omset Apple 13,5 miliar dolar. 

Pergeseran itu juga membuat Apple perusahaan yang kedua paling bernilai di Amerika Serikat. Hanya perusahaan raksasa minyak ExxonMobil yang bernilai lebih tinggi.

Microsoft membuat piranti lunak sistem operasional Windows, yang digunakan di seluruh dunia selain juga, memproduksi banyak piranti lunak perkantoran. Perusahaan berbasis di negara bagian Washington, telah menjadi perusahaan komputer yang paling dominan di Amerika selama puluhan tahun. Keberhasilan Microsoft telah mengantarkan pendiri perusahaan, Bill Gates, sebagai salah orang terkaya di dunia.

Baru 10 tahun lalu, Apple terancam bangkrut. Namun, perusahaan ini mengubah nasibnya dengan menciptakan iPod, dan terus bertumbuh dengan penciptaan iPhone layar sentuh dan komputer tablet kecil yang baru, iPad.

sumber : RNW/voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement