Selasa 25 May 2010 05:29 WIB

Pengalihan Wisman dari Bangkok akan Terus Bertambah

Rep: min/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah memperkirakan pengalihan turis dari Bangkok ke Indonesia akan berlanjut pada musim libur pertengahan tahun ini. Hal ini dianggap dapat membantu realisasi target wisawatan mancanegara sebanyak 7 juta orang pada 2010. Demikian dikatakan Menteri Kebudayaan dan pariwisata Jero Wacik.

Ia pun menekankan, pemerintah Indonesia akan memanfaatkan secara maksimal adanya pengalihan turis dari Thailand ke sejumlah daerah tujuan wisata seperti Bali, Lombok, dan Jakarta. Dampaknya, kata dia, akan terus berlanjut selama kondisi Bangkok belum pulih. "Selain Bali, Jakarta juga menjadi tujuan turis yang semula akan berkunjung ke Bangkok,” ujarnya seusai rapat mengenai pendidikan karakter bangsa di Istana Wapres, Senin (24/5).

Jero Wacik mengatakan, dampak pengalihan turis itu sudah terasa pada kuartal I/2010. Kenaikan kunjungan wisman sepanjang kuartal I/2010 sebesar 14,6 persen atau 1,6 juta orang dibandingkan periode sama tahun lalu. Salah satunya disumbang dari pengalihan turis di Bangkok. “Kuartal I/2010 ada kenaikan 14%, memang sebagian merupakan turis yang semula mau ke Thailand,” katanya.

Dia mengatakan mayoritas turis yang datang masih didominasi oleh wisatawan asal Australia dan Jepang. Pada tahun ini pemerintah tengah intensif mempromosikan Indonsia ke wisatawan asal Moskow, Rusia melalui berbagai program. Pemerintah bahkan sudah menggandeng maskapai penerbangan untuk menambah rute penerbangan Jakarta-Moskow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement