Senin 10 May 2010 22:31 WIB

G20 Sambut Baik "Bailout" Kawasan Euro

SEOUL--Anggota G20, Senin (10/5), menyambut baik pengumuman Uni Eropa mengenai paket penyelamatan besar-besaran untuk kawasan euro. Mereka mengatakan tetap "berkomitmen kuat" untuk bekerja bersama guna mempertahankan stabilitas keuangan global.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh kementerian keuangan Korea Selatan menyusul kesepakatan Eropa mengenai bantuan krisis untuk negara-negara kawasan euro yang bermasalah. Total bantuan tersebut lebih dari 500 miliar euro dan bantuan IMF sebesar 250 miliar euro.

Deputi menteri keuangan dari Grup 20 negara-negara maju dan berkembang menyelenggarakan "conference call" segera setelah pengumuman tersebut. Mereka menyambut baik komitmen para pemimpin kawasan Eropa "menggunakan cara yang tersedia guna menjamin stabilitas kawasan euro", kata pernyataan tersebut.

"Kami juga menyambut baik langkah-langkah yang diumumkan Bank Sentral Eropa hari ini yang bertujuan mengatasi ketegangan di pasar keuangan," katanya menambahkan. "G20 akan terus memantau dengan cermat perkembangan pasar global."

sumber : Ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement