Kamis 02 Feb 2023 23:09 WIB

Daihatsu Mulai Bangun Pabrik Perakitan di Karawang

Pabrik ini agar ADM dapat menyediakan kendaraan berkualitas dengan harga kompetitif.

Daihatsu akan mengadirkan pabrik baru di Karawang dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.
Foto: ADM
Daihatsu akan mengadirkan pabrik baru di Karawang dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pabrik perakitan baru di ADM Assembly Plant, Kawasan Industri Suryacipta Karawang, Jawa Barat.

Direktur PT Astra Internasional Tbk Hamdhani Dzulkarnaen Salim, ditemui di Karawang, Kamis (2/2/2023), mengatakan, pembangunan fasilitas perakitan baru ini bertujuan agar ADM dapat terus menyediakan kendaraan berkualitas kepada pelanggan dengan harga yang tetap kompetitif. "Pabrik ini akan mendukung Astra memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus menjaga keberlanjutan perusahaan dengan menciptakan fasilitas produksi yang modern dan ramah lingkungan," kata Hamdhani.

Baca Juga

Pabrik perakitan baru dengan nilai investasi sekitar Rp 2,9 triliun itu mengadopsi konsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact). Hamdhani menjelaskan, pabrik yang direncanakan memiliki kapasitas produksi sebesar 140 ribu unit per tahun itu dapat memenuhi berbagai aspek aktivitas produksi berkat penggunaan teknologi yang modern. Pabrik yang baru itu juga menjanjikan kualitas dan tingkat pengiriman yanglebih cepat, serta ramah lingkungan.

Pembangunan pabrik baru ini merupakan upaya Daihatsu dalam memenuhi target karbon netral sesuai dengan pembangunan berkelanjutan atau SDGs untuk Indonesia. Fasilitas pabrik yang sedang dibangun itu akan memanfaatkan energi terbarukan sehingga dapat mengurangi kadar emisi karbon hingga 20 persen.

 

Fasilitas produksi di Karawang itu akan menggantikan pabrik yang sebelumnya berlokasi di Sunter, Jakarta, tepatnya Line 1, yang telah beroperasi selama 27 tahun. "Pembangunan ini sekaligus merupakan kelanjutan dari pembangunan pabrik sebelumnya yang pernah diresmikan di Karawang, yaitu Karawang Assembly Plant Line 1 pada tahun 2011 lalu," ujar Hamdhani.

Dalam acara yang sama, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Yasushi Kyoda menyampaikan, acara itu merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pihak, khususnya kepada pemerintah Indonesia, mitra Daihatsu, serta seluruh pelanggan. "Pembaruan pabrik ini merupakan tonggak penting kami untuk menuju masa depan, serta wujud komitmen kami untuk kerja sama lebih lanjut dengan Indonesia," kata Kyoda.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik Daihatsudi Karawang juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Karawang.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement