REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengajak seluruh pengusaha ultra mikro dan UMKM bersama-sama meningkatkan kapasitas diri dalam memberikan pelayanan optimal kepada pembeli dalam rangka Hari Pelanggan Nasional.
Melalui program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Prasejahtera) PNM berkomitmen tidak hanya menjadi penyedia akses pembiayaan, tetapi juga memberikan pendampingan bisnis, literasi keuangan, serta motivasi untuk mengembangkan usaha dengan percaya diri.
“Hari Pelanggan Nasional adalah kesempatan kami berterima kasih kepada 15,8 juta nasabah aktif PNM Mekaar yang telah menjadi mitra dalam membangun ekonomi bangsa. Kami tidak hanya hadir memberi layanan, tetapi mendampingi mereka untuk tumbuh menjadi wirausaha tangguh,” ujar Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary dalam keterangan, Kamis (4/9/2025).
PNM percaya pelayanan bukan hanya soal memberikan kemudahan akses pembiayaan, melainkan juga menciptakan pengalaman yang membuat nasabah merasa dihargai, didengar, dan didukung.
Account Officer (AO) PNM hadir langsung di tengah ibu-ibu, memfasilitasi pertemuan mingguan yang bukan sekadar tentang pembayaran, juga ruang untuk berbagi ilmu dan inspirasi. Komitmen pelayanan berbasis pemberdayaan ini menjadi pembeda PNM.
Setiap nasabah didampingi agar mampu mengelola modal dengan bijak, mempelajari strategi bisnis sederhana, hingga merancang rencana usaha jangka panjang.Hasilnya, banyak perempuan tangguh yang kini berhasil mengubah bisnis kecil menjadi sumber penghidupan yang stabil bagi keluarga mereka.
Untuk itu, PNM mengajak nasabah PNM Mekaar membangun semangat yang sama untuk memajukan usaha rumahan dengan memupuk jiwa kewirausahaan.
Hingga semester I tahun 2025, PNM menghadirkan berbagi program pemberdayaan melalui pelatihan yang diikuti 585.499 ketua kelompok nasabah PNM Mekaar dan 159 klasterisasi usaha terbentuk untuk memudahkan mereka yang mau berusaha dengan menjalankan jenis usaha yang sama.
“Wirausaha sejati tidak hanya menjual produk, tetapi juga membangun nilai, jaringan, dan kepercayaan. Itulah semangat yang kami dorong agar nasabah tidak hanya bertahan, tetapi juga naik kelas,” tambahnya.
Hari Pelanggan Nasional juga menjadi pengingat, pelanggan bukan hanya penerima layanan melainkan mitra perubahan. Kepercayaan nasabah PNM Mekaar adalah kunci keberhasilan program pemberdayaan ekonomi yang kini menjangkau jutaan keluarga di seluruh Indonesia.