REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Raya kembali menghadirkan program loyalitas tahunan bertajuk Pesta Raya 2025. Program ini disebut sebagai kelanjutan dari Pesta Raya 2024 yang dinilai sukses meningkatkan transaksi digital sekaligus memperluas literasi dan inklusi keuangan masyarakat.
Direktur Bisnis Bank Raya, Kicky Andrie Davetra, menjelaskan pada gelaran perdana tahun lalu, program ini berhasil mendorong kenaikan transaksi hingga 32 persen. Selama periode November hingga Januari, jumlah transaksi mencapai 1,297 juta, atau naik dari rata-rata 300 ribu transaksi bulanan menjadi lebih dari 400 ribu.
“Jumlah nasabah juga meningkat signifikan, bertambah sekitar 62 ribu UCIF (Unique Customer Identification File) baru, sehingga outstanding simpanan digital saving mencapai Rp1,3 triliun,” ujar Kicky, Jumat (22/8/2025).
Berangkat dari capaian tersebut, Bank Raya optimistis Pesta Raya tahun ini akan lebih meriah. Selain hadiah yang lebih beragam, konsep gamifikasi juga ditingkatkan dengan menghadirkan sistem Raya Points. Tidak hanya menjadi tiket undian seperti tahun lalu, poin kini bisa langsung ditukar melalui aplikasi Raya untuk berbagai pilihan hadiah mulai dari logam mulia, smartphone & tablet, gadget & accessories, home appliances.
“Teman-teman nasabah bisa mengumpulkan poin dari berbagai aktivitas, seperti membuka rekening, melakukan referral, hingga bertransaksi. Poin yang terkumpul bisa ditukar kapan saja atau diikutkan ke dalam undian di akhir periode,” kata Kicky.
Selain sistem poin, Bank Raya juga memperkenalkan sejumlah fitur baru di aplikasi digitalnya. Salah satunya Raya Story, yang memberikan rekaman visual pola transaksi nasabah, mulai dari pembayaran tagihan, tabungan, QRIS, hingga donasi. Melalui fitur ini, nasabah dapat mengevaluasi pengeluaran bulanannya dan memperoleh rekomendasi pengelolaan keuangan.
Bank Raya juga baru saja meluncurkan Raya Pay Later pada Juli lalu. Fitur ini memungkinkan nasabah melakukan transaksi dengan skema cicilan “buy now, pay later” dengan plafon hingga Rp 5 juta. “Kami memanfaatkan data perilaku transaksi nasabah untuk menghadirkan fasilitas kredit digital yang sehat dan terukur,” kata Kicky.
Sementara itu, fitur Saku-Saku yang sudah ada juga terus dikembangkan. Saku Bisnis kini dilengkapi dengan layanan transaksi QRIS bebas MDR, serta kemudahan pengelolaan kas untuk pelaku usaha. Bank Raya berharap rangkaian fitur ini dapat semakin meningkatkan pengalaman digital nasabah dalam mengelola keuangan sehari-hari.
Adapun periode Pesta Raya 2025 berlangsung sejak 8 Agustus 2025 hingga Januari 2026. Pada Februari mendatang, akan dilakukan pengundian hadiah utama, termasuk 1 unit BYD Seal, 2 Motor Listrik Alva Cervo, 3 unit Samsung 525 Ultra dan 100 pemenang untuk uang berupa saldo tabungan senilai Rp1 juta.
Menurut Kicky, mekanisme pengumpulan poin memungkinkan semua nasabah memiliki kesempatan yang sama. “Buka rekening baru langsung dapat 10 poin, referral dengan setoran minimal Rp 100 ribu mendapat 250 poin, dan transaksi bisa menghasilkan hingga 300 poin. Semua poin itu bisa ditukar dengan hadiah atau diikutkan dalam undian,” jelasnya.
Dengan konsep yang lebih variatif dan interaktif, Bank Raya berharap Pesta Raya 2025 tidak hanya menjadi ajang promosi, tetapi juga sarana edukasi digital banking. “Kami ingin nasabah benar-benar menikmati pesta ini. Jadi, selain keseruan hadiah dan gamifikasi, mereka juga mendapat manfaat nyata dari fitur-fitur baru dalam aplikasi Raya,” tutup Kicky.