REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Communication Officer Ratih Triutami Wijayanti mengungkapkan, pada periode Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025 terdapat peningkatan penggunaan layanan digital MyPertamina. Periode RAFI tahun ini berlangsung dari 17 Maret hingga 14 April.
Jumlah pengguna MyPertamina tercatat naik hingga 45 persen dibandingkan periode Satgas Ramadan dan Idulfitri 2024. Sementara, jumlah transaksi naik hingga 50 persen baik dari segi volume transaksi harian maupun nominal transaksi harian. Penggunaan barcode pada produk Pertalite dan Biosolar juga naik signifikan, masing-masing 265 persen pada produk Pertalite dan 17 persen pada Biosolar, jika dibandingkan dengan periode Satgas Ramadhan-Idul Fitri 2024.
Pertamina, jelas Ratih mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada aparat dan para pemangku kepentingan yang telah memberikan dukungan kepada Satgas Pertamina Group di Ramadan dan Idul Fitri 2025. Sehingga momen tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Perusahaan memastikan operasional Pertamina Group dari hulu ke hilir berjalan optimal dalam memberikan pelayanan energi bagi masyarakat.
"Bahkan, berbagai program promosi kami hadirkan agar momen lebaran semakin nyaman bagi masyarakat pengguna produk Pertamina,” kata Pertamina Communication Officer itu, dikutip Selasa (15/4/2025).
Ratih mengungkapkan, selama masa Satgas Ramadhan-Idul Fitri 2025 lebih dari 27 ribu pengunjung telah mencoba layanan di 27 unit Serambi MyPertamina. Pengunjung tertinggi di wilayah Rest Area Tol Jawa terjadi pada 29 Maret 2025, yang merupakan puncak arus mudik masyarakat sebelum Hari Raya Lebaran.
Pertamina menyediakan 5 unit Serambi MyPertamina Utama di Rest Area Tol Jawa, 11 unit Serambi di jalur wisata, delapan unit Mini Serambi di Bandara, 1 unit Mini Serambi di Pelabuhan dan dua unit Mini Serambi di Rest Area Ruas Tol.
Untuk mempermudah masyarakat yang membutuhan layanan BBM namun berada jauh dari SPBU, Pertamina juga menyediakan tambahan fasilitas distribusi yakni Modular yang menyediakan produk Gasoline (Pertamax dan Pertamax Turbo) serta Gasoil (Pertamina Dex dan Dexlite). Selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2025, Modular Pertamina melayani hampir 51 ribu kendaraan. Selain itu, Pertamina juga menyediakan produk kemasan atau disebut Kiosk, kepada 1.683 kendaraan.
Pertamina telah menutup Satgas RAFI 2025. Meski demikian, pelayanan dan distribusi energi dari BUMN tersebut tetap berjalan seperti biasanya.