REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Emiten media digital kreatif mahakaX (IDX: ABBA) membalikkan kondisi rugi bersih Rp 52,41 miliar menjadi laba bersih sebesar Rp 5,58 miliar pada tahun buku 2024. Secara persentase, pertumbuhan laba bersih mahakaX meningkat sebesar 111 persen dibandingkan tahun 2023 dan merupakan keuntungan pertama dalam 5 tahun terakhir.
“Ini adalah buah dari fokus kami dalam membangun fondasi digital yang kuat dan kolaboratif di seluruh lini bisnis mahakaX,” kata Chief Executive Officer mahakaX Ronny W Sugiadha dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (10/4/2025).
Dari sisi operasional, efisiensi turut mendorong peningkatan margin laba. Beban usaha berhasil ditekan hingga 24 persen melalui digitalisasi proses internal, efisiensi dan sinergi alur kerja, serta evaluasi ulang struktur organisasi. Hasilnya, EBITDA mahakaX melonjak sebesar 179 persen menjadi Rp 25,3 miliar. Pendapatan usaha mahakaX sepanjang 2024 tercatat sebesar Rp 208,55 miliar, tumbuh 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 200,78 miliar.
Menurut Ronny, kontributor utama pertumbuhan ini ditopang oleh kinerja solid serta optimalisasi dari berbagai unit bisnis yang tergabung dalam ekosistem mahakaX, antara lain Republika (pilar media nasional), Alive (event organizer dan creative production), Inspire (strategic media agency), Mahaka Square (venue olahraga dan hiburan terpadu), serta JakTV (media televisi lokal Jakarta).
Dia menambahkan transformasi mahakaX tidak hanya bersifat struktural, namun juga strategis melalui pendekatan Creative and Strategy Driven Ecosystem yang menyeluruh, di mana sinergi lintas unit bisnis menjadi kunci dalam menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan. Ke depan, mahakaX menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 14 persen dengan mengedepankan strategi pemasaran yang kreatif serta pemanfaatan teknologi.
Salah satunya, yaitu pengembangan layanan WhatsApp for Business sebagai platform komunikasi yang menghubungkan dunia bisnis dengan audiens secara lebih intim, interaktif, dan bermakna. WhatsApp for Business diyakini akan menjadi standar baru dalam layanan pelanggan, sekaligus membuka peluang investasi di sektor teknologi komunikasi.
Selain itu, mahakaX juga tengah mempersiapkan perhelatan event berskala internasional serta pengembangan Artificial Intelligence (AI), khususnya bagi sektor pemasaran dan periklanan. “Pandangan kami ke depan adalah menjadikan mahakaX sebagai platform yang memberdayakan ide, teknologi, dan kreativitas dalam satu ekosistem yang berdampak positif,” ujar Ronny.